Wartapost.com

Alasan Kenapa Alat Ini Disebut Kunci Inggris, Kamu Perlu Tau !

  • Reporter:
  • Rabu, 4 Januari 2017 | 09:20
  • / 5 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 91 kali
Alasan Kenapa Alat Ini Disebut Kunci Inggris, Kamu Perlu Tau !

WARTAPOST.com – Pernahkah terbesit dipikiran kamu, kenapa sih alat yang satu ini bisa disebut dengan ‘kunci Inggris’? Padahal, perlu kamu ketahui alat yang sering digunakan oleh orang Indonesia terutama bagi mekanik di bengkel atau tukang pipa ini bukan berasal dari negara Inggris lhoo. Tapi ya apa boleh buat, orang Indonesia terlanjur menyebutnya sebagai kunci Inggris dalam penamaan sehari-hari.

Begitu pula di beberapa negara Eropa, banyak yang menyebut benda ini dengan sebutan English Key. Tercatat negara Perancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, dan lain sebagainya sepakat menggunakan istilah English Key.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, kunci Inggris malah disebut sebagai adjustable spanner atau adjustable wrench. Lalu mengapa benda ini disebut sebagai kunci Inggris?

Mari kita baca sejarahnya…

Mengutip dari Wikipedia.org, kunci Inggris atau adjustable spanner atau adjustable wrench adalah kunci untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya.

Konstruksinya terdiri dari rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan lengan. Apabila ulir penyetel diputar rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar. Di beberapa negara Eropa seperti Perancis, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia, dan barangkali juga Belanda, adjustable spanner memang disebut dengan “english key”.

Alasannya adalah karena perkakas tersebut ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842 Dan karena Indonesia dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam Bahasa Indonesia jadi “kunci inggris”.

Hasil penyempurnaan dari english key…

Padahal sebenarnya kunci inggris yang dikenal sekarang ini adalah hasil penyempurnaan dari english key yang diciptakan oleh Richard Clyburn tersebut dan yang melakukan penyempurnaan adalah Johan Petter Johansson dari Swedia.

Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish Key”. Jadi kunci Inggris juga biasa disebut sebagai kunci Swedia. Namun kendati demikian, apapun namanya alat yang satu ini punya fungsi luar biasa dalam kehidupan sehari-hari.

Digunakan untuk melepas atau mengencangkan mur atau baut…

Kunci Inggris biasa digunakan untuk melepas atau mengencangkan mur atau baut dimana ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai. Namun perlu diingat, kunci ini tidak ditujukan untuk beban berat. Kunci Inggris harus tepat sesuai dengan ukuran mur atau baut tanpa membuat kepala mur dan baut menjadi bulat.

 

sumber: Tribunnews.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional