Wartapost.com

Pemberian Gelar Ratu Pemangku Bumi Kepada Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim

  • Reporter:
  • Minggu, 8 Januari 2017 | 21:14
  • / 9 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 98 kali
Pemberian Gelar Ratu Pemangku Bumi Kepada Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim
Pemberian Gelar Ratu Mangku Bumi Kepada Bupati Lampung Timur

WARTAPOST.com – Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim diangkat sumpah saudara sekaligus diberikan gelar adat dari marga sekampung Libo di Desa Jabung, Sabtu, 7 Januari 2017.

 

Pemberian gelar berikut pengambilan sumpah, merupakan penghormatan yang diberikan masyarakat adat marga sekampung libo, dimana pelaksanannya dipimpin langsung oleh Buay pemuka sakti Desa Jabung, Drs. Ridhwan Sory Ma’oen Ali, yang bergelar Pangeran Raja Niti bersama Syukuria Kesuma yang bergelar Dalom Mangku Deso.

 

Setelah pengangkatan sumpah dan pemberian gelar, Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim M.Si,. kini bergelar Ratu Pemangku Bumi. Selain kepada Bupati Lampung Timur, pemberian gelar juga diberikan kepada beberapa orang lainnya diantaranya adalah, Hj Ir. Midi Iswanto anggota DPRD kota metro dari Partai Gerindra yang bergelar Pangeran Tihang Marga, anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Muhammad Nasir dari Partai PKB yang di beri gelar Raden Sampurna Jaya, serta Kepala Dinas Kabupaten Lampung Timur dari Dinas PMD, Syahrul Syah yang  di beri gelar Raden Sampurna Jaya.

 

 Prosesi adat di mulai dengan arak-arakan pawai budaya adat istiadat Desa Jabung dengan bupati yang duduk di atas sebuah gerobak yang telah dihiasi burung garuda, dan di iringi tari pedang, cangget kulintang, setelah itu barulah acara adat pemberian gelar serta pengambilan sumpah saudara yang disaksikan seluruh masyarakat adat Marga Sekampung Libo dan di hadiri jajaran Porkopinda Lamtim, Camat Jabung, beserta seluruh jajaranya dan kepala Desa se-Kecamatan Jabung, Pemangku Adat Marga Sekampung UdiK, Marga Melinting dan turut pula Hadir Pemangku adat Marga Subing. (Erwan)

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional