Wartapost.com

Inilah Fitur Teranyar Android Nougat

  • Reporter:
  • Kamis, 25 Agustus 2016 | 11:06
  • / 21 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 383 kali
Inilah Fitur Teranyar Android Nougat
Icon Android Nougat 7.0

Wartapost.com – OS Android versi terbaru akhirnya dirilis Google yaitu Android Nougat 7.0. Beberapa ponsel awal yang akan menggunakan OS teranyar ini adalah Google Nexus yang akan menerima update secara Over the Air (OTA).

Sebelumnya, Google hanya memberikan inisial “N” pada OS terbarunya ini. Namu setelah melakukan polling untuk mencari nama yang tepat akhirnya perusahaan teknologi terbesar di Amerika Seirikat berhasil menyaring dan memilih nama Nougat.

Namun, apakah yang baru dari OS Android terbaru ini jika dibandingkan dengan OS Android Marshmallow 6.0 yang lebih dahulu rilis. Berikut beberapa keunggulan OS Andorid Nougat yang perlu anda ketahui.

Lebih Produktif

Android Nougat memberikan fitur multi-window yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi secara bersaman dengan tampilan layar terbagi dua. Oleh sebab itu, Nougat diperkirakan dapat meningkatkan produktifitas penggunanya.

Fitur ini memang bukan yang pertama kali digunakan di layar smartphone. Sebelumnya Samsung telah menanamkan fitur ini pada ponselnya sehaj Galaxy S4.

Namun dengan hadirnya fitur ini dalam OS, semua pengguna dari berbagai merek yang menggunakan OS Android terbaru ini pun bisa merasakan multi-window ini. Selain itu dikabarakan pengguna dapat mengatur dengan mudah ukuran layar yang diinginkan.

Selanjutnya adalah fitur direct reply yaitu pengguna dapat langsung membalas notifikasi tanpa membuka aplikasi lebih dahulu. Mengingat fitur seperti ini juga telah diterapkan oleh WhatsApp dan Line, belum diketahui dengan jelas bagaimana kinerja fitur Android terbaru ini.

Pengguna juga dapat mengganti aplikasi terakhir yang dipakai dengan cepat menggunakan fitur  Quick Switch. Hanya dengan double tap pada tombol overview pengguna dapat kembali ke aplikasi terakhir yang digunakan.

Andorid Nougat juga memberikan fitur ‘clear all’ untuk menghapus seluruh aplikasi yang telah digunakan. Walaupun ponsel terbaru Samsung sudah menerapkan fitur ini, fitur ini menjadi dapat digunakan di seluruh merek ponsel Andrid.

Kekuatan Performa Lebih

Android Nougat memberikan pengalaman grafis terbaik untuk penggunanya lewat API grafis Vulkan 3D.

Vulkan 3D juga berfungsi untuk memperhalus dan mempertajam gambar ketika bermain game.

Selain itu, Android Nougat juga dirancang untuk mendukung penggunaan Google Daydream yang akan dirilis dalam waktu dekat. Google Daydream adalah sebuah platform buatan Google untuk teknologi VR (virtual reality).

Selain peningkatan dalam hal grafis. Android Nougat juga memiliki JIT Complier. Fitur ini disebut dapat meningkatkan runtime perangkat. JIT Complier dipercaya mampu meningkatkan kecepatan install aplikasi sebesar 75% dan menghilangkan penumpukan kode sebesar 50%.

Peningkatan Kemanan

Salah satu poin penting dari sebuah ponsel adalah keamanan. Untuk itu Android Nougat menghadirkan beberapa pembaharuan dalam hal keamanan. Beberapa hal yang baru di Andorid Nougat dalam kemanan adalah Seamles Update, File-based Encryption, dan Direct Boot.

Pengguna dapat menikmati berbagai aplikasi tanpa terganggu proses instalasi update melalui Seamless Update. Dengan kata lain, Seamless Update merupakan fitur yang membuat proses update system berada di balik layar.

Sedangkan Direct Boot akan membuat pengguna dengan cepat menyalakan atau mengaktifkan perangkat. Walaupun ponsel pengguna terkunci, mereka tetap aman menerima pesan karena aplikasi masih tetap berjalan.

Sementara File-based Encryption menjadikan perangkat lebih aman dengan mengisolasi dan melindungi file secara terpisah di perangkat.

Lebih Personal

Satu hal yang membuat Android Nougat lebih menarik adalah dengan ditambahkannya 72 emoji terbaru.

Google juga melengkapi Android Nougat dengan beberapa fitur pendukung penggunaan bahasa yang beragam. Dengan fitur ini Nougat akan mendeteksi dan menampilkan pencarian dalam berbagai bahasa termasuk bahasa yang dipakai pengguna.

Operasi anyar ini menawar 25 bahasa lokal dari total 100 bahasa terbaru. Pengguna pun tidak perlu khawatir Nougat akan memberikan terjemahan bahasa yang tidak dipahami pengguna.

 

Nah, jika anda sering terganggu dengan banyaknya notifikasi yang muncul secara terpisah maka Android Nougat akan mengumpulkan semua pemberitahuan menjadi satu sehingga membuat anda lebih mudah memilih pemberitahuan mana yang diinginkan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional