Wartapost.com

Pilkada 2017 : Semua Kepala Daerah Harus Cuti, Ini Alasannya

  • Reporter:
  • Rabu, 3 Agustus 2016 | 03:40
  • / 28 Syawal 1437
  • Dibaca : 148 kali
Pilkada 2017 : Semua Kepala Daerah Harus Cuti, Ini Alasannya
Pilkada 2017 : Semua Kepala Daerah Harus Cuti, Ini Alasannya

Wartapost.com, Kementerian Dalam Negeri memerintahkan kepada semua kepala daerah yang kembali maju di pemilu pilkada untuk cuti selama kampanye berlangsung.

 

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sonny Sumarsono mengungkapkan hal tersebut dilakukan guna mencegah konflik kepentingan saat proses pilkada di daerah berlangsung.

 

“Prinsipnya, kepala daerah memang harus cuti selama kampanye berlangsung diluar tanggungan negara. Dan itu sudah tertera di Undang Undang,” ujarnya sebagaimana yang kami kutip dari laman bisnis.com, Rabu (3/8/2016).

 

Sonny juga menambahkan pihaknya khawatir akan terjadi konflik kepentingan selama masa tersebut. Pasalnya, sejauh ini ada kepala daerah yang selalu memanfaatkan kewenangannya serta mengerahkan para pegawai negeri untuk kepentingan politik.

 

Peraturan untuk cuti diluar tanggungan bagi mereka yang kembali maju dalam pilkada pun terdapat dalam UU No.10/2016 tentang Pilkada.

 

“Kalo tidak cuti, ditakutkan nanti ada yang menggunakan kekuasaannya untuk bis mengontrol keuangan daerah serta menganggu netralitas pegawai negeri,” tambahnya lagi.

 

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Sebagaimana yang diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan tak mau cuti ataupun izin selama masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

 

Alasannya karena pria yang akrab disapa Ahok itu ingin mengawasi langsung penyusunan Anggaran Pendapatan serta Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta yang juga bersamaan dengan masa kampanye.

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional