Wartapost.com

Pembalakan Kayu Nibung di Kawasan Hutan Taman Nasional Way Kambas

  • Reporter:
  • Senin, 16 Januari 2017 | 00:17
  • / 17 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 57 kali
Pembalakan Kayu Nibung di Kawasan Hutan Taman Nasional Way Kambas
Barang Bukti Pembalakan Kayu Nibung di Lampung Timur

WARTAPOST.com – Pelaku pembalakan kayu nibung di Kawasan Hutan Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, kini yang tertangkap 9 orang.

Dengan adanya operasi rutin yang dilaksanakan Tim Pengamanan Taman Nasional Way Kambas dari Polhut, RPU, dan WCS sebanyak 9 pelaku  yang sedang melakukan penebangan dan pengangkutan kayu nibung di dalam kawasan hutan TNWK, akhirnya bisa ditangkap.

Subakir saat memberikan keterangan kepada wartapost.com di Balai TNWK, Kamis 12 Januari 2017, dia mengatakan, “sembilan tersangka itu ditangkap di dalam kawasan hutan TNWK pada Selasa, 10 Januari 2017”. Menurut dia, “dalam menjalankan aksinya, para pelaku penebang kayu nibung itu menggunakan kapal klotok bermesin 22 PK untuk mengangkut kayu nibung tersebut”.

Dari hasil penangkapan, barang bukti yang diamankan, dua bilah parang, tiga bilah kampak, empat bilah golok, dan satu gulung tali kuning.

Diamankan pula, satu gulung tali besar, dua botol galon air mineral, satu buah batu asahan, satu kapal klotok 22 PK, seperangkat alat memasak, satu buah periuk, satu buah panci, dan tujuh buah piring warna merah muda.

Subakir menyatakan sembilan tersangka sudah diserahkan ke Polres Lampung Timur untuk diproses hukum lebih lanjut.

“Tadi pagi, Kamis pukul 03.30 WIB, tersangka berikut barang bukti telah diserahkan kepada Polres Lampung Timur untuk penyidikan lebih lanjut,” tegas Subakir.

Pohon nibung (Oncosperma filamentosum) adalah salah satu spesies tanaman yang hidup di hutan TNWK dalam kawasan hutan rawa bersama beberapa jenis tanaman lainnya, yaitu gelam, pandan-pandanan, rengas dan sadeng, antara lain terdapat di sekitar Sungai Wako, Kali Biru, dan daerah Botol dalam kawasan hutan  TNWK. (Erwan)

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional