Wartapost.com

Lima Puluh Tahun Tas Elizabeth Bandung

  • Reporter:
  • Minggu, 28 Agustus 2016 | 06:30
  • / 24 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 167 kali
Lima Puluh Tahun Tas Elizabeth Bandung
Owner Elizabeth Hadoko Subali dan Elizabeth Halim

Wartapost.com – Salah satu produsen tas sukses dari Bandung, Elizabeth tengah merayakan lima puluh tahun berdirinya. Bertajuk “Magical Journey” perhelatan ini dilaksanakan pada 27-28 Agustus 2016. Usaha yang mengkhuskan pada produk tas wanita ini telah berdiri dari lintas generasi. Sejak dirintis pada 1963 dan sempat hampir bangkrut sebab krisis ekonomi 1969, Tas Elizabeth saat ini masih berdiri kokoh dan sudah dikelola oleh generasi kedua.

Hanya bermodal sepuluh ribu uang pinjaman dari teman, pasangan suami istri Hadoko Subali dan Elizabeth Halim mulai merintis usahanya di tahun 1963. Uang Rp 10 ribu mereka belanjakan menjadi mesin jahit dan sepeda kumbang.

Bersama tiga pekerjanya, Elizabeth bertugas untuk mejahit dan menggunting bahan sesuai pola. Sedangkan suaminya bertugas untuk memasarkan produknya menggunakan sepeda kumbang. Produk pertama yang dibuat Elizabeth adalah model Travel Bag. Mereka beranggapan saat itu setiap orang yang bepergian membutuhkan tas.

Pada saat krisis moneter pada 1969, perusahaan ini pun hampir bangkrut. Uang yang mereka kumpulkan senilai 12,5 kilogram emas pun lenyap tak berbekas. Hal itu dikarenakan Bank dimana mereka menyimpan uang tutup dan tidak bertangung jawab. Di sisi lain, pemerintah pun tidak memberikan jaminan.

Walaupun begitu, kerja keras keduanya membuat usaha mereka mampu bertahan. Bahkan pada 1987, keduanya mampu mendirikan toko dan hunia di bekas garasi bus. Mereka pun mampu mempekarjakan 30 karyawan di pabrik yang berlokasi di Leuwi Gajah, Cimahi.

Hingga saat ini, di usianya yang ke 50 tahun. Usaha ini mampu berkembang sangat cepat. Perusahaan ini sudah memiliki 80 sebaran toko di seluruh Indonesia bahkan telah melakukan ekspansi hingga mancanegara.

 

Dikelola oleh generasi muda, tas Elizabeth saat ini menargetkan pasar generasi muda. Tidak ketinggalan, perusahaan ini juga bergerak di dunia online dan memberikan garansi barang untuk memaksimalkan penjualan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional