Wartapost.com

MH370 Bukan Satu-Satunya Pesawat Hilang Tanpa Kejelasan, 8 Pesawat Ini Mengalami Hal yang Serupa

  • Reporter:
  • Jumat, 20 Januari 2017 | 09:39
  • / 21 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 92 kali
MH370 Bukan Satu-Satunya Pesawat Hilang Tanpa Kejelasan, 8 Pesawat Ini Mengalami Hal yang Serupa

WARTAPOST.com – Tak terasa sudah tiga tahun berlalu peristiwa hilangnya pesawat Malaysia MH370 beserta penumpangnya dan akhirnya pencarian resmi dihentikan. Setelah pencarian beberapa hari Biro Keamanan Transportasi Australia menyatakan sejauh ini pencarian dalam radius 120.000 kilometer persegi dari titik terakhir pesawat terlacak sudah diupayakan tapi tetap belum menemukan bukti yang relevan.

Para pakar penerbangan Australia menyarankan untuk memperluas zona pencarian ke arah utara, namun pihak otoritas Australia dan Malaysia menolak karena tidak ada bukti yang mengindikasikan kemungkinan tersebut.

Sejauh ini, ada tiga penemuan puing pesawat yang diduga merupakan bagian dari MH370 di pantai-pantai Afrika seperti Reunion Island, Mauritus, dan Tanzania. Membawa 239 penumpang, pesawat Boeing 777 yang terbang dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing itu menghilang pada tanggal 8 Maret 2014 lalu. Peristiwa ini masih menjadi misteri besar dalam dunia penerbangan. Tapi ternyata, peristiwa pesawat menghilang tanpa jejak tidak dialami oleh MH370 saja. Sepanjang sejarah, ada beberapa pesawat yang mengalami hal serupa.

1. Penerbang perempuan pertama, Amelia Earhart menghilang bersama pesawatnya di tahun 1937. Misteri penerbangan terbesar dalam sejarah ini mungkin akan terjawab dengan penemuan tahun kemarin

Amelia Earhart dan pesawatnya via www.ibtimes.com

Niatnya dengan penerbangan itu Amelia Earhart akan menjadi pilot perempuan pertama yang keliling dunia sendiri. 46,671 kilometer perjalanan yang dijadwalkan hampir terpenuhi, namun Earhart bersama penunjuk arah sekaligus pesawatnya hilang pada rute final dari Papua Nugini menuju Pulau Howland. Langit mendung dan sebentar-sebentar hujan membuat Earhart kesulitan mengikuti panduan navigasi. “Kami terbang tak tentu arah”, adalah pesan terakhir yang dikirimkan oleh Earhart, dan pesawat pun tak pernah tiba di tujuan.

Banyak spekulasi yang muncul, mulai dari kecelakaan pesawat hingga ditawan tentara Jepang. Tahun 2016 kemarin ada penemuan besar terkait misteri ini. Setelah uji modern ulang, tulang belulang yang ditemukan di Kiribati pada tahun 1940 ternyata sekarang diduga kuat sebagai Earhart. Jika benar, maka Earhart tidak meninggal dalam kecelakaan pesawat tapi sebagai castaway atau orang terdampar.

2. Tahun 1947, Pesawat penumpang The Star Dust lenyap beberapa menit sebelum mendarat meninggalkan kode morse yang hingga kini belum terpecahkan

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4 5 6 7 8

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional