Wartapost.com

Cewek dari 6 Daerah Ini Dikenal ‘Mahal’ Dinikahi, Cowok Harus Kerja Keras Dulu untuk Memperistri

  • Reporter:
  • Sabtu, 21 Januari 2017 | 07:25
  • / 22 Rabiul Akhir 1438
  • Dibaca : 47 kali
Cewek dari 6 Daerah Ini Dikenal ‘Mahal’ Dinikahi, Cowok Harus Kerja Keras Dulu untuk Memperistri

WARTAPOST.com – Berbicara mengenai nikah maka tak bisa jauh-jauh dari biaya pernikahan, nah banyak orang yang sering menunda pernikahan dengan alasan uang atau biaya pernikahan belum siap masih harus nunggu tekumpul, dan lain-lain. Perlu kamu sadari sob, nikah itu sebenarnya simple dan murah hanya pergi ke kantor catatan sipil atau KUA. Sebenarnya yang membuat mahal yakni pesta/resepsinya.

Nah, kali ini kita akan mengulas tentang tradisi-tradisi unik dan cukup berat jika ingin meminang gadis dari daerah tertentu. Tantangan ini bikin para cowok harus bekerja keras untuk memenuhinya. Simak dulu, siapa tahu calonmu juga termasuk!

1. Gadis Aceh kurang mengenal seperangkat alat shalat apalagi sebuah pigura dengan susunan uang di dalamnya sebagai mahar, mereka harus diberikan mahar berupa mayam emas

wanita Aceh via villiyani.blogspot.co.id

Dalam adat pernikahan Aceh, mahar kepada seorang calon pengantin wanita dihitung dalam hitungan mayam emas. Mayam adalah satuan emas yang digunakan dalam keseharian masyarakat Aceh. Satu mayam emas ukurannya sekitar 3,33 gram. Misalnya, jika harga emas di pasaran sebesar Rp 510.500, maka satu mayam emas di Aceh adalah 1,7 juta rupiah.

Kisaran mahar gadis Aceh secara umum mulai dari 3 mayam hingga 30 mayam. Bahkan bisa saja di atas angka tersebut. Tergantung latar belakang keluarga yang ikut memengaruhi kisaran mahar yang harus disiapkan.

Tunggu dulu, angka ini belum termasuk dengan ‘uang hangus’ bernilai 6 juta atau lebih yang diberlakukan di beberapa daerah yang tersebar di Aceh. Termasuk juga biaya isi kamar, pertunangan, seserahan, dan biaya resepsi yang juga nggak kalah besar jumlahnya. Jadi, bagaimana?

2. Untuk menikahi gadis Batak, para cowok punya kewajiban membayar sinamot dengan kisaran harga yang bervariasi, tergantung latar belakang pendidikan calon mempelai wanita dan partisipasi pihak mempelai pria dalam pelaksanaan pesta

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4 5 6

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional