Wartapost.com

Penelitian Terbaru: Android Lebih Stabil Dibanding iOS

  • Reporter:
  • Senin, 29 Agustus 2016 | 06:53
  • / 25 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 332 kali
Penelitian Terbaru: Android Lebih Stabil Dibanding iOS
Android 6.0 dan iOS 9

Wartapost.com – Sejak awal dipekenalkan, operating system (OS) iOS garapan Aple memang dianggap lebih unggul dibandinkan dengan Android garapan Google. Namun, seiring dengan perkembangan, keduanya telah mengalami banyak perubahan. Sebuah riset terakhir menyebutkan bahwa Android justru mampu mengungguli saingannya iOS.

Penelitian ini dilakukan oleh perusahaan data keamanan global, Blanco Technology Group. Mereka telah merilis laporan terakhir mengenai performa dan kesehatan perngkat ponsel. Dalam laporan itu disebutkan beberapa kegagalan yang dialami ponsel akibat dari system operasi, aplikasi dan masalah umum lainnya.

Pada kuartal kedua, sebuah hasil mencengangkan pun terlihat. iOS mengalami tingkat kegagalan sebesar 58 persen. Hasil tersebut bahkan menunjukkan bahwa pada kuartal kedua, tingkat kegagalan iOS meningkat dua kali lipat dengan kuartal pertama di tahun 2016.

Jajaran produk Aple yang memiliki paling banyak kegagalan adalah iPhone 6 dengan tingkat kegagalan sebesar 29 persen. Kemudian dilanjut dengan generasi terbarunya, iPhone 6s yang memiliki tingkat kegagalan sebesar 23 persen.

Berbeda hal dengan Android yang pada kuartal pertama memiliki tingkat kegagalan sebesar 44 persen turun menjadi 35 persen pada kuartal kedua. Beberapa merek dengan tingkat kegagalan tertinggi adalah Samsung, LeTV, Lenovo dan Motorola.

Posisi pertama ponsel Android yang memiliki tingkat kegagalan tertinggi adalah Samsung dengan angka 26 persen. Pada posisi kedua ditempati oleh LeTV dan Lenovo. Sedangkan posisi ketiga ditempati Motorolla dengan tingkat kegagalan sebesar 11 persen.

Pada laporan itu juga disebutkan faktor penyebab kegagala pada dua OS tersebut. Pada iOS, sebesar 65 % masalah disebabkan karena faktor aplikasi, 11 % disebabkan oleh faktor WiFi, dan 4 % untuk faktor koneksi mobile.

Berbeda dengan Android. OS garapan Google ini memiliki tingkat kegagalan tertinggi disebabkan oleh faktor kamera dan baterai. Kedu hal itu berpengaruh masing-masing 10 % pada kegagalan Android. Selanjutnya 7 % masalah disebabkan oleh touchscreen dan 5 % faktor aksesori.

Dalam hal pengoperasian aplikasi, iOS memiliki tingkat kegagalan lebih tinggi dibanding Android. 50 persen aplikasi dalam iOS bermasalah saat dijalankan, sedangkan Android hanya memiliki 23 % kegagalan pada aplikasi. Snapchat merupakan aplikasi yang paling bermasalah denga failure rate sebesar 17 % diikuti oleh Instagram sebesar 9 %.

 

Selain kedua aplikasi itu, di Android berbagai layanan Google juga berpengaruh dalam tingkat kegagalan. Rata-rata aplikasi layanan Google memiliki tingkat kegagalan sebesar 5 % seperti yang dirilis oleh Phonearena, Senin (29/8/2016).

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional