Wartapost.com

Inilah Cara Wanita Modern Kelola Uangnya

  • Reporter:
  • Senin, 29 Agustus 2016 | 08:00
  • / 25 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 157 kali
Inilah Cara Wanita Modern Kelola Uangnya
Ilustrasi Wanita Modern

Wartapost.com – Sudah tidak dapat dipungkiri, saat ini peran wanita dan pria sudah hampir tidak ada bedanya dalam berbagai hal. Kata ‘Emansipasi’ yang sering digaungkan ketika peringatan Hari Kartini telah merubah wanita yang dahulunya hanya mengatur urusan rumah tangga menjadi wanita modern yang mempunyai kesempatan yang sama denga laki-laki.

Wanita modern saat ini sudah banyak yang mapan, mandiri dan tidak bergantung pada laki-laki (baca:suami), namun tidak melupakan tugas sebagai seorang ibu. Hal tersebut tidak lepas dari pendidikan tinggi dan karir pekerjaan yang telah dicapai wanita modern. Selain itu, saat ini juga telah banyak wanita yang berani membangun bisnis secara pribadi dan memiliki penghasilan sendiri.

Terlepas itu semua, di sisi lain, wanita modern juga perlu memenuhi gaya hidup yang semakin berkembang dan bertambah. Selain itu, bagi wanita yang belum menikah, maka penting untuk melakukan investasi untuk kehidupan keluarga nanti.

Untuk itu, wanita modern harus cerdas mengatur keuangan agar semua kebutuhan dapat tercukupi dengan baik. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh wanita-wanita modern untuk membantu mengatur keuangan dengan baik.

1. Tentukan Pengeluaran Rutin Bulanan

Saat ini gaya hidup semakin berkembang, maka jika seorang wanita menuruti semua gaya yang sedang uptodate bisa dipastikan akan boros uang. Untuk itu seorang wanita harus bisa membatasi pengeluaran untuk sekedar menuruti gaya hidup. Walaupun sudah memiliki penghasilan pribadi bukan berarti bisa belanja dengan mengahbur-hamburkan uang.

Buatlah daftar kebutuhan harian anda. Pisahkan uang dengan kebutuhan bulanan rutin seperti makan, trasportasi, belanja dan lainya dalam pos atau amplop yang berbeda. Jangan habiskan uang untuk berbelanja ke mall di akhir pekan.

2. Pisahkan Untuk Tabungan dan Ivenstasi

Hal ini penting untuk dilakukan oleh wanita modern mengingat tabungan dan investasi merupakan bekal untuk kebutuhan di masa depan.

Untuk itu, sebaiknya anda memisahkan uang untuk tabungan dan ivestasi. Untuk tabungan, anda cukup dengan menyisihkan 10 persen dari gaji bulanan anda. Sedangkan untuk investasi, tidak ada salahnya anda mendaftar jasa asuransi tertentu seperti asuransi jiwa atau asuransi dan pensiun.

3. Siapkan Dana Darurat

Meskipun kebanyakan wanita modern memiliki karir yang cemerlang, menyiapkan dana darurat tetap suatu keharusan bagi semua orang, termasuk anda.

Simpanlah dana darurat di sat akun bank atau tempat khusus di rumah anda. Hal penting agar suatu ketika anda membutuhkan dana mendadak, anda tidak perlu menghabiskan uang tabungan yang telah anda kumpulkan karena tidak ada dana cadangan.

4. Sumber Pemasukan Lain

Saat ini semua skill bisa dimanfaatkan untuk dijadikan ladang tambahan penghasilan. Hanya dengan sedikit usaha, skill yang menjadi keahlian anda bisa menambah pemasukan anda cukup maksimal.

Misalkan anda memiliki hobi memasak atau membuat kue. Saat libur kerja, anda bisa memanfaatkan skill anda itu. Dengan mudahnya pemasarn online, hobi yang anda sukai akan brubah menjadi hal yang menguntungkan.

5. Buat Anggaran Sebelum Belanja

Salah satu ‘penyakit’ wanita ketika berbelanja adalah selalu merasa tidak puas dengan barang yang telah dibelinya terutama dalam hal pakaian. Seakan semua hal diperluakan olehnya.

 Untuk itu, buatlah daftar barang yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan membeli barang-barang yang benar-benar belum anda butuhkan. Hal tersebut dapat mengurangi pemborosan uang ketika berbelanja.

Catatlah dengan detail mulai dari merek, ukuran sampai harga. Sehingga anda tidak usah terlalu lama menghabiskan waktu untuk belanja.

6. Buatlah Anggaran Belanja

Salah satu impian dari wanita yang telah mandiri dalam hal finansial adalah bisa bebas membeli apa saja dengan uang mereka. Oleh sebab itu, penting bagi wanita modern membuat anggaran belanja dan pengeluaran lainnya.

 

Jangan hamburkan gaji anda dengan berbagai perawatan kecantikan secara berlebihan atau membeli berbagai macam produk kecantikan yang belum tentu anda butuhkan. Sebelum berbelanja, ingatlah beberpa hal yang mesti anda bayar seperti hutang kartu kredit, membayar zakat, pajak dan lainnya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional