Wartapost.com

Setelah Setahun, Enam Ilmuan Kembali Dari ‘Mars’

  • Reporter:
  • Senin, 29 Agustus 2016 | 08:55
  • / 25 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 302 kali
Setelah Setahun, Enam Ilmuan Kembali Dari ‘Mars’
Lingkungan Simulasi Program HI-SEAS, Muana Loa, Hawaii

Wartapost.com – Selama satu tahun belakangan, enam ilmuan telah sengaja diisolasi di sebuah tempat simulasi planet Mars yang berlokasi di Hawaii, Amerika Serikat. Setelah menjalani masa isolasi, keenam ilmuan itu pun akhirnya kembali ke tempat asalnya.

Para ilmuan yang terdiri dari enam orang telah menjalani masa isolasi sejak 28 Agustus 2015 di sebuah lokasi simulasi terpencil di lereng Muana Loa, Hawaii. Keenam ilmuan itu terdiri dari 3 orang pria dan 3 orang wanita. Empat dari ilmuan itu bersal dari Amerika Serikat, satu dari Perancis, dan satu lagi dari Jerman.

Keenam ilmuan itu menjalani sebuah program uji coba simulasi yang dinamakan ‘Hawaii Space Exploration Analog and Simulation’ (HI-SEAS). Selama menjalani program itu seluruh anggota tim ditempatkan di sebuah kubah dengan lebar 10 meter dan bertenaga surya sebagai ruang simulasi.

Lanskap wilayah Mauna Loa, Hawaii yang dilapisi lava dinilai memiliki kesaman kondisi geografis dengan lingkungan di planet Mars.

Seperti yang diberitakan CNN, salah satu ilmuan yang turut dalam program itu, Cyprien Verseux dari Perancis mengatakan, “Saya bisa memberi anda kesan pribadi saya mengenai misi menuju Mars yang akan dijalankan di masa depan. Misi ini sangat realistis.”

Ilmuan itu melanjutkan bahwa tantangan utama dalam misi ini dalam hal teknologi dan psikologis dapat diatasi dengan baik.

Program yang dijalani enam ilmuan itu memang sengaja dibuat untuk menjalankan percobaan tentang bagaimana mereka menjalani aktifitas dalam segala keterbatasan tanpa menimbulkan konflik antar lainnya.

Bahkan untuk memperkuat sisi psikologisnya, dalam program tersebut ketika mereka keluar dari rumah kubah, mereka harus mengenakan pakaian stardar antariksa.

Kim Binsted selaku pemimpin proyek investigasi HI-SEAS mengatakan para ilmuan yang berhasil keluar dari zona simulasi sudah tidak sabar untuk bisa menikmati makanan yang tidak mereka dapatkan selama masa isolasi.

Dalam menjalankan misi tersebut, layaknya berada di planet Mars, enam ilmuan itu telah dibekali dengan berbagai kebutuhan seperti makanan dan air. Makanan yang mereka dapatkan pun sama persis dengan makanan khusus yang disediakan untuk astronaut sungguhan.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Pelaksanaan simulasi inin dinilai penting untuk mengetahui bagaimana performa dan perasaan seluruh kru ilmuan untuk menjalankan misi yang sebenarnay di masa depan. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apakah kru ilmuan mengalami depresi atau permasalahan psikologis lainnya.

 

Selain Amerika dengan proyek HI-SEAS, Rusia juga telah menjalankan proyek serupa namun dengan tenggat waktu yang lebih lama yaitu 520 hari.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional