Wartapost.com

Inilah Alasan Pencopotan Sutiyoso Dari Kepala BIN

  • Reporter:
  • Minggu, 4 September 2016 | 11:51
  • / 1 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 248 kali
Inilah Alasan Pencopotan Sutiyoso Dari Kepala BIN
Komisi I DPR menilai Sutiyoso kurang berkoordinasi selama dua bulan memimpin BIN

Wartapost.com – Akhir-akhir ini pencopotan Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) oleh Presiden Joko Widodo sempat menarik perhatian publik. Pasalnya Bang Yos (panggilan akran Sutiyoso) yang telah berperan banyak dalam lembaga keamanan tersebut justru digantikan oleh Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan (BG). Seperti yang telah diketahui, Komjen Budi Gunawan telah terkait dengan beberapa kasus yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun, apakah alasan Presiden Joko Widodo memecat Sutiyoso?

Mengenai hal ini, Abdul Kharis Almsyhari selaku Ketua Komisi I DPR menganggap pencopotan Sutiyoso dari Kepala BIN oleh Presiden Jokowi adalah karena Sutiyoso masih memiliki banyak kekurangan.

Menurutnya, satu hal penting yang kurang dimiliki oleh Sutiyoso adalah koordinasi dengan lembaga penegak hukum lain yang kurang terjalin.

Sebagai contoh adalah kasus peledakan bom di Polres Solo. Abdul Kharis mengatakan bahwa kasus itu merupakan suatu kecolongan. Sutiyoso seharusnya mampu melakukan koordinasi lebih walaupun posisi lembaganya tidak  berdiri sendiri dan tidak punya wewenang untuk menangkap pelakunya.

Saat itu, Sutiyoso mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pemberitahuan terkait indikasi terjadinya peledakan bom itu. Sayangnya, Sutiyoso setelah kejadian justru terkesan tidak ikut campur tangan.

“Seharusnya ada koordinasi,” kata Abdul via CNNIndonesia.

Walaupun ada beberapa kekurangan yang dimilki oleh mantan Gubernur Jakarta itu, Abdul masih tetap memberikan apresiasi kepada Sutiyoso terkait keberhasilannya membujuk pimpinan kelompok bersenjata di Aceh, Din Minimi untuk menyerahkan diri.

Sedangkan mengenai sosok Kepala BIN yang ditunjuk sebagai pengganti Sutiyoso, Budi Gunawan, Abdul menilai ia merupakan sosok yang penuh dedikasi. Tetapi, mengenai siapa sosok sesungguhnya Budi Gunawan dan bagaimana kinerjanya akan digali dalam uji kelayakan dan kepatutan yang direncakanan akan digelar minggu depan.

Secara resmi Komjen Budi Gunawan telah diajukan sebagai calon tunggal oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Intelejn Negara kepada DPR.

Sementara Menteri Sekretaris Negara, Sutikno mengatakan bahwa penggantian Sutiyoso oleh Budi Gunawan tidak ada maksud apa-apa melainkan hanya regenerasi.

 

Pratikno mengatakan, “Regenerasi biasa, argumentasinya regenerasi saja.”

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional