Wartapost.com

Survey: Inilah 5 Kandidat Menteri ESDM Pilihan Jokowi

  • Reporter:
  • Minggu, 4 September 2016 | 20:42
  • / 1 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 168 kali
Survey: Inilah 5 Kandidat Menteri ESDM Pilihan Jokowi
Diskusi Menimbang Menteri ESDM Pilihan Jokowi yang digelar oleh IESR di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Minggu (4/9/2016)

Wartapost.com – Dicopotnya Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) oleh Presiden Jokowi karena kasus dwi kewarganegaraan yang dimilikinya masih meninggalkan satu pertanyaan besar. Siapa yang akan menempati posisi tertinggi kementerian yang kerap dikaitkan dengan sarang mafia migas itu?

Walaupun saat ini posisi Menteri ESDM masih dipegang kendali oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Presiden Jokowi tetap akan memilih kembali siapa yang akan menggantikan Arcandra.

Untuk itu, Institute for Essential Services Reform (IESR) melakukan survey melalui internet secara terbuka kepada publik untuk memilih nama-nama yang pantas untuk menempati posisi Menteri ESDM. Survey itu dilakukan selama 5 hari sejak 22-26 Agustus 2016.

Hasil dari survey yang diikiuti oleh 1.881 responden dari berbagai atar belakang pendidikan dan usia menyebutkan setidaknya ada lima nama yang muncul sebagai kandidat Menteri ESDM.

Survey ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan penilaian terhadap nama-nama yang muncul. Fabby Tumiwa Direktur Eksekutif IESR mengatakan bahwa dalam survey ini lembaganya tidak berniat untuk mengarahkan publik kepada satu atau beberapa sosok tertentu.

Seperti diberitakan oleh Detik (4/9), Febby mengatakan, “Tujuannya tidak merekomendasikan nama-nama-nama tertentu. Nama-nama yang masuk dalam kandidat ini bisa menjadi pilihan publik.”

Ada beberapa nama muncul dari kalangan akademisi, prefesional hingga politisi yang masuk dalam daftar kandidat Menteri ESDM. Berikut nama-nama terbanyak yang mendapat pilihan dari responden.

1. Tri Haryo Seosilo

2. Djoko Siswanto

3. Hardiv Situmeang

4. Dwi Soetjipto

5. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

6. Faisal Basri

Peraih posisi pertama dalam suvei ini adalah Tri Haryo Soesilo. Ia pernah menjadi dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat ini ia tercatan sebagai Komite Percepatan Pembangunan Infrastrujtur di Kementerian Koordinator Perekonomian. Tri Haryo Soesilo juga pernah menjabat sebagai Komisaris Pertamina.

Sedangkan Djoko Siswanto merupakan seorang professional dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. Saat ini, ia bekerja sebagai Direktur Teknik Lingkungan Kementerian ESDM.

Nama ketiga adalah Hardiv Situmeang. Ia merupakan mantan pimpinan PLN yang dianggap memiliki banyak pengalaman dalam bidang ESDM.

Tidak tertingal, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga masuk sebagai salah satu kandidat Menteri ESDM. Namanya muncul tidak lain karena popularitasnya yang semakin naik menghadapi Pilkada 2017. Dalam hal ESDM, Ahok nampaknya tidak terlalu berpengalaman karena ia hanya lulusan Teknik Geologi Universitas Trisakti.

Nama keenam yang muncul adalah Faisal Basri. Saat ini ia merupakan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia juga pernah menjadi Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Arcandra Tahar Naik Lagi?

Pada saat diskusi Menimbang Menteri ESDM Pilihan Jokowi yang digelar oleh IESR di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Minggu (4/9/2016). Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Syamsir Abduh menganggap Arcandra Tahar masih memiliki kemungkinan untuk diangkat kembali menjadi Menteri ESDM setelah ia mendapatkan status warga negara Indonesia.

“Ada kemungkinan. Publik sih mebaca arahnya ke sana. Sengaja diulur waktunya utuk melengkapi proses kewarganegaraanya. Ada potensi (Arcandra Tahar terpilih lagi,” sebutnya.

Namun jika Presiden Jokowi mengangkat kembali Arcandra maka kemungkinan akan timbul masalah lagi. Publik mungkin akan menayakan mengapa Arcandra yang benar-benar bersalah diangkat lagi? Ada apa?

 

Disamping itu semua, siapapun yang akan ditunjuk sebagai Menteri ESDM dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu mengusir semua mafia migas yang lekat dengan kementerian ini.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional