Wartapost.com

Rayakan Ulang Tahun Ke 55, Iwan Fals Gelar Konser Akbar

  • Reporter:
  • Minggu, 4 September 2016 | 22:16
  • / 1 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 136 kali
Rayakan Ulang Tahun Ke 55, Iwan Fals Gelar Konser Akbar
Perayaan 55 Tahun Iwan Fals, Pantai Carnival, Ancol, Jakarta (3/9/2016).

Bukan satu hal yang mudah bagi seorang musisi untuk tetap bertahan hingga puluhan tahun di panggung hiburan tanah air dan tetap dicintai penggemarnya. Namun, hal tersebut hal tesebut nampaknya tidak menjadi masalah bagi ‘Sang Legenda’, Iwan Fals.

Konsistensi dan kontirbusi Iwan Fals masih bisa dirasakan pada acara perayaan ulang tahun dirinya yang ke 55 di Pantai Carnival, Ancol, Jakarta (3/9/2016). Hal itu dibuktikan dengan hadirnya empat puluhan ribu penggemarnya yang lebih sering disebut Oi (Orang Indonesia) dalam acara tersebut.

Pria yang bernama asli Virgiawan  Listabto itu mengaku bahwa konser kali ini berbeda dengan konser-konser yang setiap tahun ia lakukan. Pada kesempatan ini, Iwan sendiri lah yang berkeinginan untuk menggelar konser.

“Biasanya ketika ulang tahun tidak pernah diadakan perayaan khusu, paling Cuma pengajian yang hanya didatangi keluarba dan Oi, walaupun sebenarnya saya tidak enak hati jika tidak ada perayaan. Lalu saat saya melihat ulang tahun anak saya dirayakan di sekolahan, saya berkeinginan untuk menggelar konser ini,” ucap Iwan kepada awak media saat jumpa pers sebelum konser dimulai.

Iwan berharap dengan adanya konser ini, dirinya dapat lebih berkomunikasi dengan penggemarnya. Lagu-lagu yang dibawakan pun diharapkan bisa membantu menyelesaikan sedikit permasalahan orang banyak.

Iwan Fals terkenal sebagai musisi yang kerap menyampaikan berbagai kritik sosial atau permasalah yang dialami kaum marginal yang jarang diketaui oleh para pejabat tinggi.

Tak hanya itu, Iwan juga dikenal sebagai seorang sosok yang hangat. Hal itu nampak dari berbagai lagu romantis yang ia cipatakan. Namun bukan romantic yang terkesan cengeng layaknya kebanyakan lagu cinta saat ini, tetapi Iwan mampu membuat lagunya terkesan lebih ‘jantan’.

Saat ini, Iwan Fals memag kerap mendapat kritikan dari para penggemarnya karena lebih banyak menulis lagu-lagu cinta ketimbang kritik sosial atau permasalahan rakyat kecil. Mengenai hal itu ia memiliki anggapan lain.

“Saya sering mendapat kritik bahwa saat ini saya sudah tidak kritis lagi. Saya hanya berpikir jika di sekitar diri sendiri saja masih banyak masalah yang belum selesai, kenapa tidak saya mulai dari diri sendiri dahulu? Saya mencoba melihat dari berbagai sisi yang jarang dilihat orang,” ucap Iwan.

Abadi dan Sederhana

Konsep inilah yang dibawakan Iwan dalam perayaan 55 tahun ulang tahunnya. Layaknya seorang pria tua, Iwan hanya mengenakan kemeja hitam berlapis jaket hijau lumut dan topi dengan warna yang sama.

Inilah yang membedakan Iwan Fals dengan para penyanyi baru saat mengadakan konser di panggung. Ia hanya tampil sederhana tanpa adanya penari pengiring, aksesoris atau pakaian berlebihan yang sering dilakukan penyanyi masa kini.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Pada lagu pertama, Iwan langsung menyanikan lagu Aku Bukan Pilihn (2005), Antara Aku Kau dan Bekas Pacarmu (1982), dan Nona (1989). Iwan lalu menyambungnya dengan lagu romantic seperti Mata Indah Bola Pingpong (1987), Kupaksa Untuk Melangkah (1985). Iwan juga membewakn beberapa lagunya dengan kolaborasi bersama penyanyi lain seperti kolaborasi dengan Andien dalam mebawakan lagu Serenade (1984) dan Terminal (1994). Iwan juga berduet dengan Rossa untuk mebawakan lagu Yakinlah (1987) dan Katanya (2013).

Total semua lagu yang dibawakan Iwan di Pantai Carnaval (3/9) adalah sebanyak 20 lagu. Beberpa lagu legendaris seperti Ibu (1979), Belum Ada Judul (1992), Surat Untuk Wakil Rakyat (1987), Manusia Setengah Dewa (2004), Bongkar (1989) dan Hio (1991).

Sontak dengan beberapa lagu andalan, penonton pun lalu bersorak dan meminta lagi untu lagu-lagu lawas terkenal seperti Bento, Bongkar, dan Surat Untuk Wakil Rakyat.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional