Wartapost.com

Inilah Fakta-Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Vinales di GP Inggris

  • Reporter:
  • Senin, 5 September 2016 | 10:21
  • / 2 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 158 kali
Inilah Fakta-Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Vinales di GP Inggris
Maverick Vinales (tengah) meraih kemenangan perdananya di MotoGP.

Wartapost.com – Pembalap pendatang baru, Maverick Vinales menampilkan performa yang memukau pada balapan GP Inggris, Minggu, 4 Agustus 2016. Pembalap usia 21 tahun ini berhasil meraih podium pertama di Sirkuit Silverstone. Kemenangan pemuda asal Spanyol ini cukup mengejutkan beberapa pihak dan menimbulkan beberapa fakta menarik.

Pada balapan GP Inggris, ternyata Vinales mampu dengan mudah mendapatkan gelar juara dengan cukup mudah karena sejak putaran pertama telah mengungguli Cal Crutchlow (LCR Honda) yang menempati podium kedua dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang menempati podium ketiga.

Seperti yang dirilis oleh situs resmi MotoGP, kemenangan Vinales di GP Inggris adalah yang pertama kalinya ia dapatkan setelah dipromosikan ke kelas Grand Prix pada 2015. Sebelum ini, prestasi terbaik Vinales dalam ajang MotoGP adalah menempati podium ketiga pada GP Perancis musim ini.

Sebelum Vinales, ada tiga pembalap yang mampu meraih podium pertama pada penampilan pertama balapan GP musim ini. Mereka adalah Jack Miller, Andrea Ianone dan Cal Crutchlow.

Selain itu, Vinales merupakan pembalap kesembilan yang mampu meraih kemenangan di GP Inggris setelah Toni Elias, Alberto Puig, Sete Gibernau, Carlos Checa, Alex Criville, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Sejak kemenangan Toni Elias pada GP Portugal musim 2006, Vinales merupakan pembalap kelahiran Spanyol yang mampu menjuarai MotoGP setelah Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Vinales juga mampu mengembalikan kejayaan Suzuki di ajang MotoGP. Kemenangan terakhir pabrikan asal Jepang ini terjadi pada tahun 2007. Saat itu, pembalapnya Chris Vermeulen mampu meraih podium tertinggi di GP Perancis 2007.

Suzuki yang diwakili Vinales pun meraih kemenangan pertamanya pada balapan GP di trak kering di kelas utama. Sebelum ini kemenangan serupa pernah diraih Suzuki pada GP Valencia 2001 melalui pembalapnya Sete Gibernau.

 

Beberapa fakta tidak hanya dimiliki Vinales dan timnya, Valentino Rossi pembalap dari Movistar Yamaha pun mendapat kesan tersendiri dari GP Inggris musim ini. Balapan ini merupakan penampilannya yang 250 di ajang MotoGP dan meraih podium ketiga. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional