Wartapost.com

Luhut: Indonesia Berpontensi Miliki Cadangan Minyak 200 Miliar Barel

  • Reporter:
  • Rabu, 7 September 2016 | 10:29
  • / 4 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 175 kali
Luhut: Indonesia Berpontensi Miliki Cadangan Minyak 200 Miliar Barel
Pelaksana tugas (plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Luhut Binsar Pandjaitan

Wartapost.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan yakin bahwa Indonesia berpotensi memiliki cadangan minyak mentah lebih dari 200 miliar barel. Apa yang ia sampaikan itu jauh lebih tinggi dari data minyak mentah yang dimiliki pemerintah yang hanya sebesar 3,6 miliar barel.

Dikutip dari Antara, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, “Database kita minim sekali, jumlah cadangan minyak hanya 3,6 miliar barel padahal potensinya bisa 100-200 miliar barel.”

Pelaksana tugas (plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menjelaskan mengapa hanya terdapat minim data yang dimiliki pemerintah. Salah satu alasannya adalah disebabkan oleh keengganan perusahaan-perusahaan minyak dan gas bumi (migas) untuk melakukan eksplorasi ke berbagai wilayah di Indonesia untuk menemukan cadangan minyak baru.

Untuk mendorong produksi migas nasional, Luhut berjanji pihaknya akan membantu secara maksimal dalam mengumpulkan basis data itu.

Ia mengangap saat ini, database eksplorasi sangat peting untuk dimiliki pemerintah. Dengan begitu pemerintah dapat menawarkannya kepada pengusaha migas baik lokal maupun internasional. Basis data tersebut juga dapat menyakinkan para investor untuk menginvestasikan uangnya pada wilayah migas.

Satu hal yang menjadi kendala bagi pemerintah untuk menemukan cadangan minyak baru adalah minimnya kapal seismic yang dimiliki. Indonesia hanya memiliki enam kapal seismic untuk melacak sumber daya minyak yang dikelola oleh BPPT. Jumlah tersebut menurut Luhut sangat tidak sebanding dengan luasnya wilayah laut Indonesia.

Menanggapi niat positif Luhut, Tolingul Anwar, Presiden Direktur PT Elnusa Tbk mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah dalam menginventarisir  basis data minyak mentah di lautan.

Tolingul juga menjelaskan bahwa pentingnya ekplorasi migas di lautan berguna untuk memberikan informasi mengenai cadangan migas baru sehingga terjadi peningkatan produksi.

Satu-satunya cara adalah dengan mengumpulkan data ekplorasi wilayah laut. Melihat besarnya potensi itu maka eksplorasi wilayah laut menjadi pilihan utama bagi pemerintah saat ini,” ucap Tolingul.

Perusahaannya selaku penyedia jasa eksplorasi migas bahkan telah menyiapkan satu kapal survey seismik yang memiliki 12 streamer yang setiap satunya mampu mencapai panjang 10 kilometer.

Kapal tersebut mereka anggap yang paling ideal untuk mengeksplorasi wilayah laut dalam dan luas.

 

PT Elnusa Tbk memang sengaja menyiapkan kapal itu untuk program eksplorasi ini. Saat ini, kapal tersebut masih dalam tahap docking dan akan selesai serta siap beroperasi dalam waktu dekat.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional