Wartapost.com

Menpora Siapkan Bonus Rp 5 Miliar Untuk Peraih Medali Emas Olimpiade Rio Brasil

  • Reporter:
  • Rabu, 3 Agustus 2016 | 10:07
  • / 28 Syawal 1437
  • Dibaca : 190 kali
Menpora Siapkan Bonus Rp 5 Miliar Untuk Peraih Medali Emas Olimpiade Rio Brasil
Pengukuhan dan Pelepasan Kontinguen Indonesia Olimpiade Rio 2016

Wartapost.com – Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi nampaknya sudah mulai serius mengurusi prestasi olah raga Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan bonus yang cukup besar akan diberikan kepada atlet yang berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade yang akan diselenggarakan di Rio De Janeiro, Brasil pada 5 Agustus dan berakhir pada 21 Agustus mendatang. Bagi kontinguen yang berhasil meraih medali emas akan diberikan bonus sebesar Rp 5 Miliar, untuk peraih medali perak mendapat  Rp 2 Miliar dan Rp 1 Miliar untuk medali perunggu.

Besarnya bonus yang diberikan telah mendapatkan restu dari Presiden. Selain memberikan iming-iming bonus besar, Menpora berniat untuk mendukung secara moral dengan mendampingi para kontinguen langsung dari Rio de Janeiro, Brasil. Dengan begitu, Imam Nahrawi berharap para kontinguen lebih antusias dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

Meskipun begitu, Imam Nakhrawi mewanti para kontinguen yang turut serta dalam Olimpiade utuk tidak menjadikan bonus sebgai tujuan utama mereka. Menurutnya,  tugas utama para atlet yang mewakili Indonesia adalah untuk menorehkan sejarah dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Dengan begitu, prestasi yang ditorehkan juga dapat membangun semangat serta motivasi bagi atlet-atlet lain untuk meraihnya.

Pada Olimpiade tahun ini, Indonesia dapat mewakilkan sebanyak 28 atlet dalam tujuh cabang olah raga yag diperlombakan. Ini merupakan sebuah peningkatan dari Olimpiade sebelumnya di London 2012 yang hanya diwakili 21 orang. Di tahun itu pula, Indonesia mendapatkan prestasi terburuk ajang Olimpiade sejak 1992. Untungnya , cabang olah raga angkat besi masih memberikan 2 medali sehingga Indonesia tidak pulang dengan tangan kosong.

Berdasar pada hasil yang kurang masksimal di tahun 2012, saat ini pemerintah mulai serius menangani prestasi anak negri di bidang olah raga. Beberapa perbaikan telah dilakukan, pengadaan berbagai fasilitas latihan, perlengkapan serta peralatan tanding telah dipersiapkan untuk Olimpiade tahun ini.

Selain fasilitas tersebut, saat ini Menpora juga menjanjikan jaminan masa tua bagi para atlet berprestasi. Bagi para peraih medali Olimpiade, Menpora telah menyiapkan dana pensiun yang cukup besar. Peraih medali emas Olimpiade akan dijamin dengan Rp 20 juta setiap bulannya setelah memutuskan untuk pensiun, Rp 15 juta bagi peraih medali perak dan Rp 10 juta untuk peraih medali perunggu. Para atlet itu akan menerima tunjangan selama masa hidupnya dan tidak bisa diwariskan.

Dengan berbagai perbaikan dan jaminan finansial dari Menpora, pada Olimpiade ini pemerintah mentargetkan 2 medali emas. Suatu capaian yang sangat mungkin untuk diperoleh mengingat para atlet yang dapat bermain tenang tanpa terbebani pikiran masa tua seperti yang beberapa tahun belakangan menjadi momok menakutkan bagi atlet berprestasi.

Penunjukan chef de Mission (Cdm) yang sudah dari jauh hari diharapkan dapat memaksimalkan kinerja tim saat bertanding. Ketua umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari yang diberi amanat pun telah melakukan pendampingan terhadap para atlet sejak babak perebutan tiket Olimpiade. Hal itu diharapkan dapat memperbaiki pola komunikasi yang pada Olimpiade sebelumnya tidak optimal.

Hal-hal kecil seperti uang saku para atlet selama berada di Brasil pun sudah diberikan sebelum mereka berkumpul di Bandara Soekarono-Hatta. Uang dibagikan sudah dalam bentuk dollar sehingga para atlet dapat lebih focus pada pertandingan tanpa terbebani hal-hal kecil semacam itu.

 

Dua medali emas yang ditargetkan pemerintah dalam Olimpiade kali ini adalah dari cabang olahraga Angkat Besi dan Bulu Tangkis. Persiapan khusus juga telah dipersiapkan di dua cabang olah raga itu. Beberapa cabang lain yang diikuti oleh kontinguen Indonesia adalah Atletik, Balap Sepeda,Dayung dan Panahan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional