Wartapost.com

Risma Penantang Terkuat Ahok?

  • Reporter:
  • Kamis, 4 Agustus 2016 | 05:03
  • / 29 Syawal 1437
  • Dibaca : 142 kali
Risma Penantang Terkuat Ahok?
Ahok vs Risma

Wartapost.com – Menjelang Pilgub DKI, sejumlah nama muncul untuk bersaing memperebutkan kursi nomor satu Jakarta itu. Yang pasti sudah jelas maju dan telah mendapat banyak dukungan adalah Gubernur DKI Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok telah mendeklarasikan diri maju ke Pigub DKI dengan jalan partai politik. Namun, siapakah yang mampu menandingi kekuatan Ahok?

Salah satu nama yang digdang dapat menandingi Ahok di Jakrta adalah Walikota Surabaya, Tri Rimaharini. Selain gebrakannya di Surabaya, keunggulan Risma juga telah dibuktikan dengan survey yang dilakukan oleh Laboratorium Politik UI.

Arya Fernades, peneliti The Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengatakan bahwa dalam hal elektabilitas, Ahok memang masih unggul. Namun ada beberapa hal yang dapat membuat Ahok kehilangan para pendukungnya. Salah satunya adalah faktor siapa penantangnya. Apakah lawan tersebut memiliki track record yang bagus dan mampu tidaknya mengambil hati mayrakat.

Dari sekian banyak nama yang muncul, Arya menambahkan Bu Risma adalah sosok yang paling kuat untuk menantang Ahok.  Politisi PDIP itu dapat menang di DKI jika ia mendapat dukungan warga Jakarta kelas menangah dan pemilih muda yang sebelumnya sempat mendukung Ahok. Selain itu, dukungan Media menjadi kunci utama jika Risam maju ke Pigub DKI 2017.

Tidak dapat dipungkiri, Risma telah menunjukan kinerja yang luar biasa selama menjadi Walikota Surabaya. Tak hanya pandai dalam mengambil gebrakan, Risma juga terkenal dekat dengan masyarakat. Kepemimpinan Risma juga telah diakui oleh banyak pihak sehingga ia telah menerima banyak penghargaan seperti Bung Hatta Award, yang baru saja didapatnya.

Dari modal itu, Risma memiliki banyak peluang bahkan lebih dari apa yang dimiliki Ahok saat ini. Selain faktor personal, Risma juga mendapat dukungan partai PDIP. Di Jakarta, PDIP memiliki basis massa yang cukup kuat.Belum lagi dengan sosok wakil yang akan menemaninya maju ke Jakarta Satu.

Sayangnya, menurut Arya, PDIP terkesan terlalu lama menentukan sipa pasangan yang akan diusungnya. Hal ini dapat merugikan partai karena kandidat akan memiliki sedikit waktu untuk kampanye atau sekedar lobi-lobi ekspos pemberitaan.

Satu hal yang positif jika semakin banyak orang berprestasi maju untuk Pilgub DKI maka semakin banyak pula pilihan warga Jakarta. Berdasarkan pada survey Laboratorium Psikologi Polotik UI, Risma memiliki keunggulan dalam bidang governability, leadership, komunikasi politik serta Iintegrasi moral. Sedangkan Ahok ungul dalam kemampuan politik, visioner, dan intelektualitas.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional