Wartapost.com

6 Perilaku Aneh Pasien Operasi Bedah Otak

  • Reporter:
  • Sabtu, 17 September 2016 | 00:36
  • / 14 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 241 kali
6 Perilaku Aneh Pasien Operasi Bedah Otak

Anda divonis Dokter harus menjalankan operasi bedah, apa yang ada di bayangan kamu? Ngeri sekaligus takut membayangkannya bukan?,kalau nanti terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Rata-rata semua orang pasti mempunyai pemikirin sama seperti itu. 

Tapi melihat 6 perilaku aneh pasien operasi bedah otak ini akan membuat persepsi kamu berbeda. Mereka membuktikan bahwa operasi bukanlah hal yang harus ditakuti, lihat saja mereka masih tetap enjoy melakukan aktivitas hobinya sambil berbaring di meja operasi. 

1. Gadis Penderita Kanker otak yang Terbangun saat Dioperasi Bedah

perilaku-aneh-pasien-operasi-bedah-otak

Tingkah laku unik saat operasi otak yang pertama, dialami oleh gadis 19 tahun bernama Iga Jasica asal Polandia. Saat Tim Dokter tengah mengoperasi kepalanya, untuk mengangkat sel kanker yang sudah menjalar di otaknya. Tiba-tiba Jasica terbangun. Padahal saat itu bagian depan tempurung kepalanya sudah terangkat. Gilak kebayang seramnya bukan? 

Dan yang bikin tambah konyol, Jasica malah mengajak ngobrol para Dokter yang membedahnya. Mulai dari pembicaraan tentang operasinya, sampai curhat tentang masalah kucing peliharaannya. 

Awalnya Dokter sempat terkejut mengapa Jasica bisa terbangun dari bius totalnya, namun menyadari bius itu masih bekerja dengan melihat Jasica tidak mengalami sakit sedikitpun. 

Akhirnya mereka meneruskan operasi sambil diajak berbicara oleh Jasica. Satu hal yang Dokter saluti dari Jasica, ia tidak terlihat panik sedikitpun meski menyadari kepalanya sedang dibongkar pasang.

2. Musisi bermain Gitar

tingkah-unik-saat-operasi-otak

Apa yang terjadi pada Li seorang musisi 57 tahun asal Shenzen, Cina bukanlah karna ketidak sengajaan seperti yang dialami Iga Jasica. Li menderita penyakit saraf langka yang dinamakan musician dystonia. 

Hanya ada 7 orang didunia termasuk Li yang mengalami penyakit ini. Untuk mengobatinya harus melakukan tindakan operasi untuk mengatasi Dystonia, yaitu dengan menggunakan cahaya listrik untuk merangsang saraf.

Sebelum berobat, ia sering mengalami gejala kaku otot pada jari tangannya. Seketika tak bisa bergerak untuk bermain gitar atau menuliskan lagu. Bagi kita mungkin biasa, namun bagi Li ini bisa mengancam karir pekerjaannya sebagai musisi.

Selama menjalani operasi bedah Li tetap dalam keadaan sadar bahkan Dokter menyuruhnya sambil bermain gitar, hal ini perlu dilakukan agar Dokter bisa mudah mendeteksi sinyal dari gerakan otot jari Li yang dikirim ke otak dimana sebelumnya sudah dipasang elektroda medis.

Lebih dari 3 jam menjalani operasi bedah kepala, dan hasilnya benar-benar membahagian Li. Kini jari-jarinya sudah normal kembali untuk digerakkan.

3. Bermain Biola 

kejadian-aneh-operasi-bedah

Naomi Elishuv adalah mantan Pemain biola terkenal di dunia yang bergabung dalam Lithuanian National Symphony Orchestra diharuskan berhenti bermain biola karena dirinya di diagnosis mengidap sebuah penyakit saraf langka yang dijuluki essential tremor. 

Hingga menyebabkan tubuhnya gemetaran tanpa terkendali dan tak bisa bermain biola dengan baik. Barulah 20 tahun kemudian saat medis kedokteran semakin berkembang ada harapan untuk kesembuhannya.

Naomi pun akhirnya menjalani prosedur operasi ‘deep brain stimulation’ di Tel Aviv Sourasky Medical Center,Israel. Dalam pengobatan tersebut, tim bedah memasang alat pacu organ (pacemaker) berupa elektroda di salah satu bagian otak Naomi yang bertanggung jawab terhadap munculnya tremor. Naomi pun saat dibedah, hanya diberikan bius local (anestesi) agar ia tetap dalam keadaan sadar. 

Setelah itu Dokter menyuruhnya memainkan lagu Mozart dengan biolanya sambil mereka mulai mencari penyebab gangguan tremor. Setelah beberapa jam Naomi berteriak aku bisa mengendalikan tubuh dan tanganku tanpa gemeteran kepada tim Dokter yang menandakan operasi itu berjalan dengan sukses. 

Betapa bahagianya Naomi sekarang, ia merasa seperti terlahir kembali ke dunia, karena ia bisa kembali memainkan biolanya yang sudah menjadi hobinya sejak dahulu. 

4. Laki-laki Ini Malah Main Saksofon Selama Operasi Tumor Otak

kelakuan-aneh-pasien-otak

Gak kalah aneh dan konyol dengan perilaku unik pasien operasi bedah otak diatas. Carlos Aguilera, seorang musisi 27 tahun menderita penyakit tumor yang bersarang di kepalanya. Hal itu baru ia ketahui setelah jatuh pingsan saat di cafe, ketika ia sedang tampil memainkan Musik Jazz. 

Ketika ia divonis oleh Dokter untuk menjalankan pengangkatan tumor, ia sama sekali tidak menunjukkan rasa takut. Namun ia memohon permintaan nyeleneh kepada sang Dokter. Agar ia diizinkan untuk bermain Saksofon selama proses operasi bedah. 

Akhirnya Dokter menyanggupi, operasi pun berjalan selama 12 jam. Selama itu pula Carlos dalam keadaan bius setengah sadar tak henti-henti memainkan lagu Jazz. Lucunya Dokter sempat beberapa kali meminta Carlos agar mengulang lagu Misty yang ia mainkan. Usut punya usut ternyata Dokter tersebut sangat menyukai Judul lagu klasik Jazz tersebut.

5. Mahasiswa ini bernyanyi saat operasi tumor otak

aneh-tapi-nyata

Seorang Mahasiswa Imperial College Inggris bernama Reuben Hill harus segera menjalankan operasi laser bedah otak, sebab Dokter mengkhawatirkan tumor sebesar bola golf di kepalanya akan semakin bertambah parah. 

Sebenarnya ia mau saja untuk menjalankan operasi, namun ia sangat khawatir karena operasi tersebut bisa saja mengganggu saraf di otaknya, terutama saraf penting yang berhubungan dengan kemampuannnya sebagai penyanyi gereja.

Akhirnya Dokter memutuskan agar ia tak merasa takut lagi, ia boleh bernyanyi saat dibedah kepalanya untuk memastikan bahwa Dokter tidak melakukan langkah prosedur yang salah. Saat ditengah operasi, Dokter membangunkan Reuben dan ia pun langsung bernyanyi tanpa henti. 

Lagu pertama ia mulai dengan judul 10,000 Reasons dan ia terus menyanyikan lagu-lagu yang lain sampai operasi selesai. Operasi itu pun untungnya berhasil dengan sukses, dan kini Reuben Hill tidak lagi mempunyai tumor di kepalanya. Ia dinyatakan sembuh total!

6. Bermain gitar dan nyanyikan Lagu The Beatles saat Operasi Otak

6-perilaku-aneh-pasien-operasi-bedah-otak

Sama seperti Li musisi 57 tahun asal Shenzen, Cina. Anthony Kulkamp Dias, remaja pria 33 tahun juga meminta agar tetap sadar saat menjalani bedah otak. Hal ini ia minta sendiri agar Dokter tidak salah menindak syaraf di kepalanya. 

Dengan berbekal gitar kopong, Anthony memainkan gitarnya sambil bernyanyi lagu tembang kenangan dari The Beatles yang berjudul Yesterday. Kemudian melanjutkan nyanyiannya dengan membawakan lagu-lagu tradisional Brazil sampai ia selesai di operasi. 

Dokter di Rumah Sakit Nossa Senhora de Conceio, mengomentari bahwa selama ia bekerja di rumah sakit tersebut. Baru kali ini menerima pasien unik seperti Anthony. Namun ia sama sekali tidak merasa keberatan dengan permintaan anehnya. 

Menurutnya Anthony pria yang hebat, kebanyakan orang takut untuk menjalankan operasi bedah. Namun dia tetap tenang sambil asyik bermain gitar, seperti ia sedang tidak menjalankan operasi saja. Apa yang dilakukan oleh Anthony memang hebat ia pantas dijadikan inspirasi bagi para pasien lainnya. 

Menurut sang Dokter ketika pasien bisa menemukan relaksasi, jauh lebih baik untuk Dokter melakukan pekerjaannya ketimbang melakukan pembiusan total. Agar tidak salah dalam menemukan titik kendali syaraf di otaknya. Ini memang luar biasa, kami bekerja seperti berada di rumah makan yang dihibur dengan lagu-lagu tembang kenangan, ungkap sang Dokter. 

sumber: Kejadiananeh.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional