Wartapost.com

Koneksi Internet Sering Bermasalah, Periksa 5 Bagian Ini!

  • Reporter:
  • Sabtu, 17 September 2016 | 01:02
  • / 14 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 149 kali
Koneksi Internet Sering Bermasalah, Periksa 5 Bagian Ini!

ini sob ada tips buat kamu yang sering mengalami masalah pada jaringan internet.

Jika ada gangguan internet di kantor, kita mungkin tinggal hubungi IT Service, bagaimana jika terjadi di rumah? Mau tak mau kita harus mencari solusi sendiri. Sangat kesal bukan koneksi internet lelet atau lama, kegiatan browsing jadi terganggu.

Berikut ini ada 5 hal yang perlu Anda periksa ketika koneksi internet di rumah sedang bermasalah:

1. Kabel Internet

Untuk kelancaran koneksi internet, sebaiknya Anda menggunakan kabel dengan jenis serat optik. Kabel ini memiliki bahan dasar kaca atau plastik yang sangat halus dan berfungsi sebagai alat tramisi data maupun cahaya dengan kecepatan tinggi.

Saat ini layanan internet service provider hanya ada beberapa yang menggunakan teknologi ini. Pilih layanan yang menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan kecepatan internet terbaik.

2. Setting Bandwidth

Agar koneksi internet anda maksimal, gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada Komputer configuration. Berikut ini langkah-langkahnya:

– Klik Start pada komputer Anda (Windows)

– Pilih Run > Ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan > Klik OK

– Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler

– Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth

– Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK

– Restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya.

3. Mengubah DNS 

DNS singkatan dari Domain Name System yang dimiliki oleh penyedia layanan internet. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet pasti mempunyai kemampuan, kecepatan, spesifikasi, dan pembacaan IP tersediri.

Dengan demikian, DNS yang kita gunakan sering mengalami penurunan kecepatan karena banyaknya user yang menggunakannya. Untuk menangani hal tersebut, trik yang kita gunakan adalah dengan mengganti-ganti IP DNS Server, dengan mencari koneksi yang sepi.

Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan semula.

Menggunakan open DNS, berikut ini langkah-langkahnya:

– Buka Control Panel Komputer Anda

– Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection

– Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties

– Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220

– Lalu klik OK.

4. Modem

Modem (modulator demodulator) adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu untuk kemudian diproses melalui saluran telepon kabel.

Modem tersebut memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi maksimal, gunakanlah modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar. Biasanya modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps.

5. Pilih ISP Dengan Kualitas Terbaik

Penyedia layanan internet akan memberikan berbagai pilihan paket internet jika anda berada di suatu gerai atau bertatap muka langsung dengan sales representative.

Pilih paket internet yang dapat memberikan kecepatan maksimal dan tanpa membatasi jumlah kuota alias unlimited. Tidak jarang penyedia layanan juga menyediakan paket promo menarik, anda bisa melihat juga berdasarkan kebutuhan pemakaiannya.

sumber: Liputan 6

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional