Wartapost.com

Ini Perbedaan Desain Uang Rupiah Baru dengan yang Lama

  • Reporter:
  • Sabtu, 17 September 2016 | 01:43
  • / 14 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 136 kali
Ini Perbedaan Desain Uang Rupiah Baru dengan yang Lama

tampilan baru dari mata uang Indonesiakana segera diedarkan, melalui Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 akan mencetak uang dengan desain dan bergambarkan pahlawan-pahlawan yang baru. Ini bagian dari penyesuaian jenis uang sesuai dengan Undang-Undang (UU) Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menyatakan ada sejumlah perbedaan ‎desain antara uang yang saat ini beredar dengan uang baru yang akan dicetak baru oleh perusahaan BUMN, Perum Peruri atas pesanan BI.

Pertama, gambar pahlawan untuk uang kertas pecahan Rp 50 ribu hingga uang logam Rp 100. “Lalu bedanya dengan uang lama, nanti yang baru itu ada frasa (tulisan) Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Ronald seperti ditulis, Sabtu (17/9/2016).

Sedangkan perbedaan ketiga, uang yang baru nantinya akan ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardoyo dan Menteri Keuangan‎ Sri Mulyani. Uang sebelumnya di tandatangani oleh Gubernur BI dan Deputi Gubernur BI. Dan keempat, akan tercantum tahun cetak dan emisi.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang ‎Bank Indonesia Suhaedi menambahkan, khusus untuk uang logam terdapat lambang ‘Garuda Indonesia’, tertulis frasa ‘Republik Indonesia’ dan terdapat pahatan tahun emisi uang logam tersebut.

“Kalau mengenai warnanya di masing-masing pecahan, nanti akan ditentukan oleh Dewan Guber‎nur Bank Indonesia. Yang jelas perbedaan warna di masing-masing pecahan itu diperlukan untuk mempermudah masyarakat menggunakannya,” jelasnya.

Suhaedi menegaskan mengenai kapan uang baru akan dicetak, pihaknya sampai saat ini masih dalam tahap desain. Setelah itu baru nantinya akan masuk ke percetakan‎.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional