Wartapost.com

Dokter: Kanker Serviks Tak Bergejala, Cuma Ketahuan Kalau Diperiksa

  • Reporter:
  • Sabtu, 17 September 2016 | 01:56
  • / 14 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 149 kali
Dokter: Kanker Serviks Tak Bergejala, Cuma Ketahuan Kalau Diperiksa

kesehatan menjadi kenikmatan yang melebihi dari kenikatan yang lain, dan menjaga tubuh dari penyakit itu lebih baik dari pada mengobati, dengan rutin olah raga dan memeriksa kesehatan di rumah sakit. sakit terkadang memiliki gejala, akan tetapi ada bebrerapa penyakit yang tidak memiliki gejala tapi harus diperiksa yaitu kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang tak menimbulkan gejala khusus. Sehingga seringkali penyakit ini terlanjur parah dan jadi terlambat diobati ke dokter. Oleh sebab itu, skrining dan vaksinasi pun sangat dianjurkan oleh dokter.

Menurut Prof Andrijono, MD dari RS Cipto Mangunkusumo, sebagian besar infeksi HPV atau Human Papillomavirus tidak menimbulkan gejala atau tanda khusus.

“Kanker serviks letaknya kan di dalam ya, jadi baru ketahuan ada sesuatu ya kalau diperiksa. Tidak bisa dilihat dari luar,” ujar Prof Andrijono dalam temu media Indonesia Working Group (IWG)-HPV di Salemba, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang sudah terinfeksi HPV tidak menyadari kalau dirinya sudah terinfeksi atau bahkan sudah menularkannya. Sebagian besar wanita baru mengetahui mereka terinfeksi HPV setelah kondisinya cukup parah atau sudah stadium lanjut.

Penularan HPV sendiri dikatakan oleh Prof Andrijono sangat mudah terjadi. Namun sayangnya hal ini tidak semua wanita memahami hal ini, maka dari itu kanker serviks sering terlambat diketahui.

“Gejala khususnya tidak ada, kalau sudah kanker baru ketahuan tapi itu kan berarti sudah terlambat. Makanya begitu ada hal yang tak biasa, misalnya saat berhubungan intim kok ada darah atau ada keputihan yang tidak sembuh dengan obat standar, itu patut curiga dan cek ke dokter,” pesan Prof Andrijono.

sumber: detik.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional