Wartapost.com

Nikah Terlalu Muda, Wanita Jadi Lebih Rentan Kena Kanker Serviks

  • Reporter:
  • Sabtu, 17 September 2016 | 04:23
  • / 14 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 149 kali
Nikah Terlalu Muda, Wanita Jadi Lebih Rentan Kena Kanker Serviks

Pernikahan muda meiliki dampak positif dan negatif, tidak terkecuali dari aspek kesehatan, salah satu dampak negatifnya terhadap kesehatan yaitu bisa mengakibatkan tumbuhnya kanker serviks, sebagaimana pendapat seorang dokter, “Jika organ reproduksi belum siap namun sudah dipaksakan menikah, maka ada beberapa risiko dari sisi kesehatan. Salah satunya adalah kanker serviks”. Demikian disampaikan oleh Prof Andrijono, MD dari RS Cipto Mangunkusumo

Dalam temu media Indonesia Working Group (IWG)-HPV di Salemba, Jakarta, Jumat (16/9/2016), Prof Andrijono menyebutkan bahwa perkawinan yang terlalu muda benar dapat meningkatkan risiko kanker serviks.

“Ini karena organ reproduksinya kalau terlalu muda belum ‘matang’ ibaratnya. Jadi lebih rentan kanker serviks. Usia matangnya itu bisa dibilang sekitar 20-30 tahun idealnya,” tutur Prof Andrijono.

Kehamilan pada wanita yang usianya masih terlalu muda dikatakan oleh Prof Andrijono juga lebih berisiko, jika dibandingkan dengan wanita yang usianya sudah lebih dewasa.

Selain dari faktor fisik, secara psikis dan emosi pun wanita yang terlalu muda menurut Prof Andrijono rentan tak siap. “Jadi organ secara biologis belum siap, emosional juga belum dewasa,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty menjelaskan bahwa minimal usia pernikahan bagi wanita adalah 21 tahun dan pria 25 tahun. Surya Chandra berpendapat, menikah di usia dini khususnya di usia remaja akan menghilangkan kesempatan seseorang untuk sekolah dan mematangkan kejiwaan. Jika dipaksakan sambil sekolah, orang tua tidak akan maksimal menjalankan peran sebagai pendidik bagi anak-anaknya.

sumber: detik.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional