Wartapost.com

Wapres JK : Cuma Di Indonesia Setiap Masjid Ada Kotak Amalnya

  • Reporter:
  • Kamis, 4 Agustus 2016 | 11:17
  • / 29 Syawal 1437
  • Dibaca : 118 kali
Wapres JK : Cuma Di Indonesia Setiap Masjid Ada Kotak Amalnya
Wapres JK : Cuma Di Indonesia Setiap Masjid Ada Kotak Amalnya

Wartapost.com, Sebagai sebuah negara yang memiliki umat Islam terbanyak di dunia, Indonesia punya keunikan tersendiri yang tidak ada di negara islam lainnya. Salah satunya yaitu Indonesia merupakan negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia, oleh karna itu tak heran bila suara adzan dapat terdengar di seluruh penjuru nusantara.

Jusuf Kalla selaku wakil presiden menerangkan, Indonesia setidaknya memiliki lebih dari 800 ribu masjid. Jumlah itu menandakan bahwa setidaknya 250 orang Islam di Indonesia punya satu masjid dan musala.

“Karena itulah, kadang suara adzan terdengar bertentangan akibat terlalu banyaknya masjid,” tutur pria yang akrab disapa JK sebagaimana yang kami kutip dari laman Okezone.com, Kamis (4/8/2016).

JK yang juga merupakan ketua Dewan Masjid Indonesia ini mengungkapkan, setidaknya hampir 95% masjid di Indonesia dibangun dengan cara gotong royong oleh masyarakat. Hal tersebut sangat berbeda dengan masjid-masjid di negara lain dimana sebagian besar masjidnya dibangun oleh pemerintah setempat.

“Sebagian besar masjid di Malaysia, pakistan dan di Timur Tengah sana dibangun oleh pemerintah. Itulah mengapa semua imamnya, khatibnya adalah orang pemerintah, sedangkan di Indonesia tidak,” tambah JK.

Bahkan JK mengatakan cuma di Indonesia lah terdapat kotak amal di setiap masjid yang diedarkan setiap kali pelaksanaan solat Jumat maupun momen lainnya. Dana itulah yang digunakan untuk membayar penceramah dan khatib sehingga masjid di Indonesia dianggap lebih mandiri ketimbang di negara lain.

Disinilah peran dewan masjid diperlukan untuk dapat memakmurkan masjid serta para umatnya. “Tugas kita adalah menjaga batas-batas itu, menjaga masjid agar tetap memakmurkan masyarakat dan tidak terjadi penyimpangan harapan serta pemikiran di masyarakat,” tutupnya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional