Wartapost.com

Agus Yudhoyono Maju Pilgub Jakarta, Apakah Strategi SBY?

  • Reporter:
  • Jumat, 23 September 2016 | 12:59
  • / 20 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 153 kali
Agus Yudhoyono Maju Pilgub Jakarta, Apakah Strategi SBY?
Agus Harimurti Yudhoyono

Wartapost.com – Akhirnya, empat partai meproklamasikan diri untuk mengusung putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Yudhoyono bersama Sylviana Murni untuk maju sebagai pasangan calon gubernur DKI pada Pilkada 2017 mendatang. Tidak ada yang memperkirakan sebelumnya, ternyata putra SBY lah yang diusung. Ada apa sebenarnya dibalik munculnya nama Agus Yudhoyono yang diajukan untuk melawan petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)?

Hal pertama yang mengejutkan adalah disamping usia Agus Yudhoyono yang baru menginjak 38 tahun, dirinya juga masih aktif sebagai perwira menengah berpangkat Mayor. Agus Yudhoyono saat ini menjabat sebgai Danyonif 203/Arya Kemuning dibawah jajaran Kodam Jaya.

Mengambil keputusan untuk maju ke Pilkada DKI 2017, Agus Yudhoyono terpaksa harus mengundurkan diri dari status TNI-nya. Hal itu berarti ia harus menghentikan karir militernya yang kian naik. Keputusan ini tentunya tidak mudah baginya, namun dengan dukungan sang ayah (SBY) ia berani maju ke panggung politik.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Syamsuddin Haris, SBY sendiri memiliki banyak pertimbangan terkait mengajukan nama putra pertamanya. Pertama, SBY sedang melakukan tes potensi Agus Yudhoyono untuk melanjutkan dinasti politik Cikeas. SBY tengah mempertimbangkan siapa yang akan meneruskan dinasti politiknya, apakah Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono) atau Ani Yudhoyono.

Selanjutjnya, SBY juga ingin membuktikan masih adakah kekuatannya. Hal ini terlihat semacam unjuk gigi untuk mengukur kekuatan di Pilkada DKI 2017. Agus Yudhoyono juga tidak hal yang mustahil jika suatu saat diajukan sebagai calon presiden.

“Yang kedua juga SBY pingin tahu sejauh mana popularitas dirinya bisa mengangkat nama anaknya. Yang ketiga karena lamanya karir anaknya di dunia militer.” Ucap Syamsuddin.

Sedangkan untuk partai lain, Syamsuddin mengatakan ketiganya (PPP, PAN, PKB) akan mendukung siapa saja calon asal bukan Ahok.

Sementara untuk kemampuan atau kapabilitias dan peluang Agus Yudhoyono dalam politik khususnya Jakarta, Syamsuddin mengatakan cukup relative kecil. Hal ini mengingat waktu yang sangat mepet. Syamsuddin juga mengatakan bahwa Agus Yudhoyono itu anak yang pendiam dan kalau berbicara juga belum artikulatif. Jika nanti terjadi suatu kejutan, maka akan menjadi hal yang luar biasa.

 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional