Wartapost.com

14 Hal Ini Sebaiknya Kamu Pertanyakan Kepada Dirimu Sendiri Sebelum Memulai Hubungan Baru

  • Reporter:
  • Jumat, 23 September 2016 | 22:19
  • / 20 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 103 kali
14 Hal Ini Sebaiknya Kamu Pertanyakan Kepada Dirimu Sendiri Sebelum Memulai Hubungan Baru
Hubungan Yang Baik Perlu Dipikirkan Dengan Baik

Wartapost.com – Menjalani hubungan baru memang sebuah  keputusan yang besar. Apalagi jika kamu merasa hubunganmu sebelumnya gagal, Hmm… pasti susah memulainya lagi. Namun bukan berarti kamu lantas menutup diri untuk memulai hubungan baru.

Nah, jika kamu sudah memiliki niat untuk memulai hubungan lagi dengan orang lain. Maka kamu mungkin perlu memikirkan hal-hal ini sebelum hubunganmu berjalan.

Berikut ada 14 pertanyaan yang sebaiknya kamu pikirkan sebelum memulai hubungan baru. Memang cukup banyak sih, tapi jika kamu ingat bagaimana sakitnya gagal di hubungan yang lalu. 14 hal ini pantas kamu pertanyakan.

1. Apakah Saya Siap?

Menjalin hubungan dengan seseorang sudah pasti menyita waktu dan energimu. Pastikan bahwa kondisimu saat ini siap untuk menjalani komitmen. Jika kamu sedang menjalankan sebuah pekerjaan, sedang berusaha mengejar mimpimu atau kondisi keluargamu sedang kacau maka tidak lebih baik jika kamu memasukan orang lain kedalamnya. Tunggulah hingga badai berlalu sebelum kamu mengajak orang lain masuk ke hidupmu.

2. Apakah Saya Benar-Benar Sudah Bisa Melupakan Mantan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan no.1 kamu pastinya harus mampu menjawab pertanyaan ini. Sebaiknya jangan mulai hubungan baru jika jawaban pertanyaan ini adalah tidak, dan kamu  masih memiliki harapan untuk kembali dengan mantanmu. “Rebound Relationship” tidak hanya akan berakhir dengan kegagalan namun hal itu juga dapat menyakiti ego dan emosi pasangan barumu.Tidak ada orang yang ingin gagal dan tersakiti.

Cara terbaik untuk melupakan mantan adalah tergantung pada DIRIMU. Ingatlah apa yang membuat hubunganmu sebelumnya gagal dan pikirkan apa yang akan membuat hubunganmu selanjutnya berhasil.

3. Apa Yang Membuat Hubunganmu Sebelumnya Gagal?

Ingatlah semua pengorbanan yang kamu berikan kepada pasanganmu sebelumnya. Apakah ada yang kurang dalam hal kepercayaan atau kejujuran? Atau hubunganmu gagal karena terpisah jarak atau LDR. Buatlah daftar hal yang membuat hubunganmu sebelumnya gagal dan temukan solusinya untuk hubunganmu selanjutnya. Tidak ada kata ‘repot’ untuk kebaikanmu sendiri.

4. Hal positif apa yang dapat kamu ambil dari hubungan sebelumnya?

Jika kamu tidak mampu menemukan hal positif dari hubunganmu sebelumnya, maka hal itu pun akan susah kamu dapatkan di hubunganmu selanjutnya. Eits, tunggu dulu, tidak usah takut jika memang tidak ada hal positif yang dapat kamu ingat. Kamu bisa lihat lingkungan sekitar, bagaimana orang tuamu atau sahabatmu yang mampu menjalankan hubungan lebih lama. Mintalah saran dari mereka.

5. Hubungan Seperti Apa yang Saya Inginkan?

Dengan kata lain, seserius apakah hubungan yang kamu inginkan? Hal ini penting! Bukan hanya bagi dirimu tetapi juga bagi pasangan barumu. Apakah kamu ingin hubungan yang santai atau hubungan yang berujung serius (pernikahan). Pastikan untuk mendiskusikannya dengan pasangan barumu sebelum hubungan kalian lebih jauh. Jangan membuang-buang waktu jika kamu hanya seserius hubungan sebelumnya!

6. Apakah Saya Memiliki Prilaku Yang Sama?

Inilah yang kadang membuat orang terburu-buru menentukan pasangan. Kamu tidak harus memilih pasangan yang memiliki aktifitas yang sama, suka dengan buku atau film yang sama. Kesamaan-kesamaan itu tidak selalu berarti baik bagimu, kamu harus menggali lebih dalam sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Jika kamu sudah mengetahui prilaku, hobi, kebiasaan, kepercayaan, ideologi dsb, maka pertimbangan terakhirmu adalah apakah kamu rela keturunanmu nanti dibentuk dan dididik menjadi seperti dia?

7. Apa yang Membuat Saya Membutuhkan Hubungan ini?

Mungkin kamu membutuhkan “support”. Mungkin kamu sedang mencari teman hidup. Mungkin kamu membutuhkan teman terbaik. Mungkin kamu hanya membutuhkan “good time”. Lagi, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal ini sebelum memasuki hubungan baru. Inilah satu-satunya cara untuk menjelaskan apakah kamu menjalani hubungan dengan alasan yang tepat atau apakah orang “ini” dapat memenuhi apa yang kamu inginkan.

8. Apakah Saya Mencintai Diri Saya Sendiri?

Inilah klise terbesar yang harus kamu  pikirkan. Kamu tidak bisa mencintai seseorang jika kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri. Ya, kamu mungkin saja bisa mencintai orang lain walaupun kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri. Tapi masalhnya tidak berhenti di situ. Jika kamu tidak merasa layak dicintai, maka kamu mungkin juga meragukan atau bahkan menolak cinta yang diberikan orang lain. Sungguh, hal ini bisa membuat mereka frustasi.

9. Karakteristik Seperti Apa yang Saya Butuhkan dari Seorang Pasangan?

Peracaya diri? Memiliki selera humor? Pendiam? Baik? Memotivasi? Kerja keras? Apakah pasanganmu nanti memiliki sebagian dari karakter-karakter itu?

10. Apakah Dia Mampu Mengeluarkan yang Terbaik dari Diri Saya?

Apa yang kamu rasakan ketika bersamanya? Bagaimana tingkah lakumu?  Apakah kamu mampu menjadi dirimu seutuhnya?

11. Apakah Dia Sungguh Tertarik Kepada Saya?

Ya, saya, penulis, pernah mengalami masalah dalam menjalani hubungan dengan seseorang. Hanya karena saya bosan, bingung, dan tidak menyadari fakta bahwa dia sungguh tidak untukku. Dia sangat baik, tetapi tidak yang terbaik untukku. Aku hanya tertarik untuk selalu bercerita tentang diriku tanpa pernah belajar kepadanya.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


12. Apakah Saya Akan Bangga Jika mengenalkannya Sebagai Pasangan?

Jika kamu memulai sebuah hubungan baru, sebaiknya kamu juga perlu mengenalkannya kepada siapa saja yang kamu kenal. Apakah kamu tertarik? Jika jawabannya tidak, Hm…Aku tidak ikut campur.

13. Apakah Teman dan Keluarga Saya Menyukai Orang ini?

Biasanya, orang yang mengenalmu dengan baik juga tahu apa yang terbaik buatmu. Jika mereka tidak suka dengan pasanganmun berarti mungkin karena mereka melihat sesuatu yang tidak kamu ketahui.

14. Apakah Saya Sungguh Ingin Berada Dalam Sebuah Hubungan?

Jika kamu sudah pernah menjalai banyak hubungan, jika kamu baru saja keluar dari masa yang menyedihkan atau jika kamu lebih memilih untuk sendiri, ya lakukan saja. Tidak ada masalah dengan itu.

 

Namun, Jika kamu telah memperhatikan beberapa pertanyaan diatas dan kamu merasa siap, maka lakukanlah! Kita semua mendukungmu.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional