Wartapost.com

Tahun 2017 Pemerintah Siapkan Rp 3 Triliun Beasiswa LPDP Untuk 12 Ribu Orang

  • Reporter:
  • Sabtu, 24 September 2016 | 11:02
  • / 21 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 100 kali
Tahun 2017 Pemerintah Siapkan Rp 3 Triliun Beasiswa LPDP Untuk 12 Ribu Orang
Beasiswa LPDP terbagi menjadi beberapa jenis yaitu beasiswa magister dan doctor, beasiswa tesis dan desertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialisasi kedokteran dan lainnya

WARTAPOST.com – Tahun 2017, pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp 3 triliun. Rencananya, dana tersebut bakal diberikan kepada 12.119 penerima beasiswa LPDP on-going (yang berjalan).

Eko Prasetyo, Direktur LPDP mengatakan bahwa setiap tahun alokasi dana untuk penerima beasiswa terus bertambah. Realiasasi dana beasiswa LPDP tahun lalu hanya mencapai Rp1,4 triliun. Sementara untuk tahun ini, alokasi dana beasiswa LPDP diperkirakan meningkat sebesar Rp 2,3 triliun. Peningkatan alokasi ini dipengaruhi peningkatan jumlah penerima beasiswa.

Dalam rapat panitia kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat di Gedung DPR, Kamis (22/9), Eko mengatakan pada tahun 2015 penerima beasiswa LPDP on-going adalah sebanyak 4.789, sedangkan pada tahun ini, penerima beasiswa meningkat dua kali lipat yaitu 8.906 orang.

Secara rinci beasiswa LPDP terbagi menjadi beberapa jenis yaitu beasiswa magister dan doctor, beasiswa tesis dan desertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialisasi kedokteran dan lainnya.

Eko juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan beasiswa bagi dosen yang ingin kembali melanjutkan kuliah baik di dalam maupun di luar negeri.

“Program beasiswa yang disediakan LPDP pada 2016 telah diberikan kepada 2.160 dosen. Jumlah itu merupakan lonjakan peneriamaan beasiswa LPDP dibanding tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sedangkan, penerimaan dana LPDP dari dana abadi tidak sebanding dengan dana beasiswa yang diberikan. Eko mengatakan, rata-rata penerimaan LPDP pada 2015 diatas Rp 1 triliun. Tahun 2016, penerimaan LPDP ditargetkan Rp 1,3 triliun dan tahun 2017 ditargetkan sebesar Rp 1,5 triliun.

Eko juga menjelaskan pada tahun 2016, realisasi penyaluran dana beasiswa melebihi penerimaan yang diperoleh. Kemudian pada 2017, penerimaan yang diprediksi sebesar Rp 1,3 triliun justru belanjanya sebesar Rp 3 triliun.

Oleh sebab itu, LPDP harus mengambil konsekuensi dengan memanfaatkan surplus anggaran tahun sebelumnya dengan menggunakan prinsip BLU (Badan Layanan Umum).

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Sebagai tambahan, LPDP memperoleh dana abadi dari dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang diberikan pemerintah setiap tahunnya. Hingga saat ini, Eko mengatakan dana abadi LPDP telah mencapai Rp 15,6 triliun.

“Di tahun 2016, ada alokasi (DPPN) sebesar Rp 5 triliun. Namun hingga saat ini belum dicairkan. Kemudian, di tahun 2017 kami mengusulkan Rp 2,5 triliun,” kata Eko.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional