Wartapost.com

Begini Caranya Bisnis Tanpa Modal!

  • Reporter:
  • Senin, 26 September 2016 | 10:25
  • / 23 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 153 kali
Begini Caranya Bisnis Tanpa Modal!
Bisnis Online adalah salah satu cara untuk memulai bisnis tanpa modal

Wartapost.com – Saat ini, anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal sepeser pun. Hal ini lah yang disampaikan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Daerah Istimewa Yogyakarta. Para pengusaha muda itu mengajak masyarakat berani menjalankan bisnis bahkan tanpa modal sekalipun.

Ketua Kompartemen Bidang Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Telekomunikasi Hipmi DIY mengatakan di Yogyajarta, Ferry Irawan, Senin 26 September 2016, “Sekarang untuk memulai suatu bisnis tidak perlu lagi modal besar, Bahkan masyarakat harus berani memulai bisnis tanpa modal,” ucapnya.

Salah satu contoh yang ia sebutkan adalah bisnis yang dijallankan akun Twitter, @jogjaupdate. Akun informasi berita wilayah Yogyakarta dan sekitarnya ini mampu meraup untung sebesar Rp 5-10 juta dalam sebulan.

Ia juga menjelaskan bahwa bisnis melalui akun Twitter tersebut merupakan bisnis jasa informasi yang memberikan berbagai informasi terkini atau update tentang Yogyakarta.

Berdasar pada kreatifitas dan inovasi pemiliki akun itulah, bisnis lewat Twitter itu bisa dibilang cukup sukses. Oleh sebab itu, Hipmi Yogyakarta mengajak dan mendorong masyrakat untuk berani melakukan bisnis walupun tanpa modal.

Menurut Ferry, hal yang terpenting dalam memulai bisnis bukan modal finansila namun lebih kepada modal kemauan dan kreatifitas yang unik. Tujuannya adalah membuat pembeli betah dan menjadi pelanggan.

Ferry juga menjelaskan bahkan jika bisnis saat ini tidak beradaptasi dengan kemajuan teknologi, maka bisnis tersebut akan kemungkinan besar berpotensi kehilangan pasar, hal itu sangat mungkin terjadi.

Sebagai contoh, jika kita melihat beberapa toko busana saat ini sudah banyak ditinggalkan pembelinya karena tidak dijalankan secara serius. Seiring dengan kemajuan teknologi, pembeli busana atau pakaian saat ini lebih memilih toko online daripada toko offline. Alasannya jelas, masyarakat sekarang tidak ingin buang-buang waktu mengunjugi toko offline.

Dengan kata lain, saat ini toko offline mengahadapi tantangan berat jika tidak mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Untuk itu, Ferry dan pihaknya saat ini tengah gencar melakukan beberapa kegiatan untuk menjelaska kepada masyarakat kemungkinan bisnis tanpa modal tersebut.

 

Salah satu program Hipmi adalah melakukan pendampingan terhadap calon pengusaha muda untuk berani memulai bisnis online, sesuai dengan minat dan bidang yang mereka kuasai. Untuk menjangkau banyak pengusaha muda di wilayah DIY, Ferry mengatakan Hipmi selalu mengadakan meet up setiap minggunya secara rutin.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional