Wartapost.com

Diduga Puing Roket AS, Benda Angkasa Jatuh di Madura

  • Reporter:
  • Selasa, 27 September 2016 | 10:44
  • / 24 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 198 kali
Diduga Puing Roket AS, Benda Angkasa Jatuh di Madura
Dua Objek Antariksa Pecahan Roket AS Jatuh di Sumenep Madura

Wartapost.com – Dua objek antariksa yang jatuh di Sumenep, Madura, pada Senin (26/9) menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional adalah pecahan roket.

Objek pertama yang melintas pada pukul 06.27 waktu setempat adalah pecahan roket Delta 2 PAM-D sementara objek kedua yang meintas pukul 09.21 adalah pecahan roket Falcon 9.

Lapan mengatakan bahwa kemungkinan besar objek antarikasa itu adalah pecahan roket. Lapan meminta masyarakat untuk mengamankan terlebih dahulu objek tersebut sebelum nantinya diteliti lebih lanjut oleh Lapan.

Melalui akun Facebook, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa dua objek tersebut adalah sisa roket Falcon 9 tingkat 2. Roket tersebut merupupakan milik Space-X, Amerika Serikat yang sebelumnya digunakan pda 14 Agustus 2016 untuk mengorbitkan satelit JCSAT 16.

Warga Sumenep menemukan dua buah objek yang berbentuk tabung silinder berukuran panjang 1,5 meter dan diameter 60 centimeter. Keduanya ditemukan di Kecematan Gili Raja dan Giligenting, Semenep, Madura, Jawa Timur.

Objek itu ditemukan dalam bungkusan semacam fiber yang ditemukan dua di darat dan dua di air.

 

Jauh sebelum jatuhnya kedua objek ini, Lapan sendiri telah menyimpan beberapa objek sampah antariksa yang jatuh di Indonesia. Setidaknya ada tiga objek yang telah disimpan oleh Lapan. Pada tahun 1981, Lapan menyimpan pecahan tabung bahan bakar roket Rusia yang jatuh di Gorontalo. Pada 1988, Lapan juga menemukan objek yang sama di Lampung. Sementara pada 2003, Lapan menyimpan pecahan roket milik China yang jatuh di Bengkulu.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional