Wartapost.com

Pilkada DKI 2017, Suara Kelas Menengah Rata di Semua Pasangan

  • Reporter:
  • Selasa, 27 September 2016 | 13:55
  • / 24 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 85 kali
Pilkada DKI 2017, Suara Kelas Menengah Rata di Semua Pasangan
Ketiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI selfie bareng. Foto diupload di akun Instragram @AniesBaswedan

Wartapost.com – DKI Jakarta, Februari 2017 akan melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Ada tiga pasangan yang akan maju dalam pesta politik tersebut. Ketiga bakal pasangan calon memiliki kekuatan masing-masing. Dalam kelas masyarakat menengah, diprediksi suara masyarakat Jakarta akan tersebar secara merata.

Hal ini disampaikan oleh Pengamat politik dari Cantre for Strategic and Intenational Studies (CSIS), Arya Fernandez. Menurutnya, pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno memiliki sama-sama potensi banyaknya suara di kelas menengah. Hal itu menjadi potensi tidak terkonsentrasinya suara pada pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

 Arya juga mengemukakan bahwa sosok Agus Yudhoyono yang muda dan memiliki popularitas akan mewakili generasi baru pemilihan di Indonesia. Dengan ini, Agus bisa menjadi pilihan alternative lain.

Anise Baswedan yang merupakan mantan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan pun memiliki popularitas yang sama, sehingga dapat memecah terdominasinya suara ke pasangan incumbent.

“Jadi, bagi yang puas maupun tidak puas dengan kinerja gubernur dan wakil gubernur sekarang, mereka bisa memilih kandidat lain,” jelas Arya.

Walaupun secara umum pemilih kelas menengah memiliki potensi untu mendapatkan jumlah suara yang sama, namun menurut Arya, pasangan petahan Ahok-Djarot masih memiliki kekuatan yang tidak mudah digoyahkan.

Kekuatan Ahok-Djarot semakin kokoh setelah bergabungnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke koalisi pendukungnya.

Tak hanya PDIP, Ahok-Djarot juga telah diusung tiga partai besar lain yaitu Golkar, Hanura dan NasDem.

Di sisi lain, putra mahkota Cikeas Agus Yudhoyono dan pasangannya Sylviana Murni diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


 

Kesemua pasangan calon sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI. Ketiganya juga telah melalui uji kesehatan beberapa hari lalu dan tinggal menunggu verifikasi oleh KPUD DKI.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional