Wartapost.com

Iseng Jual Bika Ambon, Usaha Ini Beromset Milyaran!

  • Reporter:
  • Sabtu, 30 Juli 2016 | 18:28
  • / 24 Syawal 1437
  • Dibaca : 181 kali
Iseng Jual Bika Ambon, Usaha Ini Beromset Milyaran!

Tak disangka, dari iseng-isengan, bisnis Bika Ambon yang saat ini dikelola oleh Ikha Zulaikha saat ini beromset milyaran rupiah dalam sebulan.

Berawal dari keisengan ibunya, Hajjah Mariani yang belajar membuat jajanan oleh-oleh khas Kota Medan setelah pensiun dari perusahaan farmasi. Sejak tahun 2003, Hajjah Mariani memulai usahanya dengan menjual bika ambon pada momen lebaran saja.

Ikha mengatakan bahwa pada mulanya bika ambon buatan ibunya hanya terjual 8 bok dalam sehari. Anak keempat yang saat ini meneruskan bisnis ibunya itu juga mengatakan bahwa strategi awal pengembangan usahanya adalah memanfaatkan momen lebaran.

Sadar akan permintaan bika ambon yang sangat tinggi pada saat lebaran. Hajjah Mariani menerima pembeli yang sudah tidak kebagian bika ambon di toko-toko besar. Walaupun begitu, bika ambon miliknya cukup laris manis karena memang di tempat lain barangnya sudah habis.

Semakin hari, bika ambon buatan Hajjah Mariani semakin diminati masyarakat dan terkenal luas. Penjualan pun meroket tinggi. Pada awalnya yang hanya mampu menjual 8 box dalam sehari, saat ini Ikha Zulaikha mampu menjual bika ambon sebanyak 1.000 box perhari.

Usaha Bika Ambon yang dijalankan di Jalan Mojopahit, Medan saat ini telah menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Bika Ambon Kota Medan. Bisa dibilang, usaha Ikha Zulaikha itu menjadi toko penjual Bika Ambon paling banyak pembeli di kota Medan.

Berawal hanya Ikha Zulaika dan Ibunya, saat ini usaha Bika Ambon miliknya sudah memiliki 50 orang karyawan untuk mengurusi produksi dan penjualan. Ikha Zulaikha juga telah membuka cabang di jalan yang sama karena toko utama sudah tidak mampu melayani pembelian yang terus melonjak.

Tidak menyebutkan berapa persis omsetnya, Ikha mengatakan Bika Ambon miliknya dapat terjual sebanyak 1.000 box dalam sehari yang bernilai ratusan juta. Saat ini, satu bok Bika Ambon Zulaikha dijual dengan harga Rp. 60.000/kg, sesuai kenaikan harga tahun lalu. walaupun Ikha mengaku cukup berat menaikan harga Bika Ambon miliknya, ia harus menyesuaikan kenaikan harga gula, telur dan bahan-bahan lainnya.

Selain jualan Bika Ambon, usaha keluarga itu juga juga menjual menjual beberapa makanan dan minuman lain seperti kue lapis legit, tauco, dodol Tanjung Pura, jambu biji Medan, sirup markisa, sirup terong Belanda, ikan teri, dan kopi Sidikalang. Dari semua itu, Ikha membenarkan bahwa usahanya beromset 1 milyar lebih dalam sebulan.

Untuk menjaga minat pembeli, Ikha juga mengatakan bahwa menjaga kualitas merupakan kunci utamanya. Dalam membuat adonan diperlukan waktu 2 jam lebih. Selain itu bahan niranya harus difermentasi selama setengah hari dan semalam. Jadi untuk menjual Bika Ambon di pagi hari, harus sudah dibuat sore hari sebelumnya. Jadi ketika Bika Ambon habis, maka toko langsung tutup karena tidak bisa dibuat cepat.

Penjualan naik derastis ketika memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran. Toko itu selalu tutup sebelum waktu tutup normal yaitu jam 21.00. Ikha menambahkan, saat bulan puasa penjualan bisa naik 2 kali lipat sampai 5 kali lipat.

Dalam hal rasa, Bika Ambon Zulaikha memiliki beberapa varian rasa yaitu Original, keju, pandan, durian, moka dan cokelat. Hal tersebutlah yang membuat Bika Ambon laris manis diborong pembeli. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional