Wartapost.com

Oktober 2016: Harga Premium Turun, Solar Naik

  • Reporter:
  • Rabu, 28 September 2016 | 09:37
  • / 25 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 102 kali
Oktober 2016: Harga Premium Turun, Solar Naik
Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja

Wartapost.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar akan mengalami perubahan harga mulai dar 1 Oktober hingga 31 Desember 2016. Hal ini diungkapkan oleh Kemernteria Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

IGN Wiratmaja Puja, Dirjen Migas Kementerian ESDM menjelaskan perubahan harga premium dan solar adalah sudah merupakan perhitungan dan sudah dilaporkan kepada Menteri. Harga premium akan turun sekitar Rp 300/liter dan harga solar naik sekitar Rp 500-600/liter.

Ditemui wartawan pada Rabu, 28 September 2016, Wirat mengatakan “Sudah dihitung, sudah dilaporkan ke Pak Menteri. Premium turun sekitar Rp 300/liter, solar naik Rp 500-600/liter lah.”

Dalam tiga bulan terakhir Wirat juga menjelaskan bahwa harga premium dan solar sering mengalami perubahan. Untuk itu, pemerintah tidak menahan kenaikan dan penurunan agar masyarakat Indonesia mengerti dan terbiasa dengan harga BBM yang naik-turun sesuai dengan harga minyak dunia.

Wirat juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan evaluasi setiap tiga bulan. Dalam tiga bulan terakhir harga BBM sangat fluktuatif. Untuk itu, Kementerian ESDM harus mengikti formula dan komitmen untuk membiasakan masyrakat dengan harga BBM dunia yang naik turun.

Walaupun begitu, Wirat juga mengakui bahwa Pertamina sebagai produsen BBM masih memiliki surplus subsidi solar dari beberapa bulan lalu sebab pemerintah sempat memasang harga BBM melebihi harga pasar. Karena subsidi akan habis pada tahun depan, makanya solar akan tetap naik pada 1 Oktober depan.

“Kan akhir tahun kita hitung plus atau minus. Nanti kalau surplus dikembalikan atau bagaimana, kalau minus bagaimana, akan kita bicarakan,” ucap Wirat.

Untuk harga premium, Wirat mengatakan harganya memang sudah mendekati harga pasaran BBM dunia sejak 6 bulan lau. “Enam bulan lalu, harga premium sudah mendekati harga pasar lah,” pungkasnya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional