Wartapost.com

PON XIX/2016: Jawa Barat Juara Umum

  • Reporter:
  • Jumat, 30 September 2016 | 08:55
  • / 27 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 109 kali
PON XIX/2016: Jawa Barat Juara Umum
Sukses Selenggarakan PON XIX/2016, Jawa Barat Keluar Sebagai Juara Umum

Wartapost.com – Tuan rumah, Jawa Barat akhirnya keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Sejak digelar pertama kali tahun 1951, ini merupakan hasil terbaik yang pernah diraih oleh Jawa Barat. Provinsi Barat Jawa ini meraih total 531 medali yang terdiri dari 217 medali emas, 157 medali perak dan 157 medali perunggu.

Sementara posisi kedua diraih oleh Jawa Timur (Jatim). Jatim mampu mengoleksi total medali sebanyak 404 yang terdiri dari 132 emas, 138 perak dan 134 perunggu. Posisi ketiga diraih oleh provinsi DKI Jakarta dengan koleksi 374 medali (132 emas, 124 perak dan 118 perunggu).

Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa PON merupakan salah satu lambang persatuan dan pembinaan kekuatan bangsa. Ia berharap prestasi yang telah diraih oleh para atlet dapat diteruskan dan dikembangkan lebih lagi.

“Olahraga bukan hanya pertandingan, bukan hanya kompetisi, melainkan juga pembinaan kekuatan fisik, pembinaan kesehatan, kerja sama, kejujuran dan sportivitas,” ucap Wakil Presiden yang kerap dipanggil ‘JK’ ini saat menutup pagelaran multievent ini dalam acara Closing Ceremony PON XIX/2016 Jawa Barat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Kamis, 29 September 2016.

Dalam upacara penutupan itu, panitia penyelenggara memberikan suguhan yang sangat mewah dan berkelas disertai dengan pesta kembang api. Acara penutupan itu dimeriahkan dengan tarian kolosal bertaju “Harmony Nusantara”; konsep tari-tarian dan musik tradisional. Penutupan acara ini disimbolkan dengan pemadaman api PON serta penurunan bendera PON yang kemudian diserahterimakan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada Gunbernur Provinsi Papua Lukas Enembe, dimana Pekan Olahraga Nasional tahun depan akan dihelat.

Jusuf Kalla dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan PON oleh Jawa Barat. Ia menilai PON XIX/2016 dilaksanakan dan diakhiri dengan upacara penutupan yang sangat baik. Ia berharap untuk PON XX pada 2020 nanti di Papua dapat mencontoh keberhasilan Jawa Barat.

Persembahan Harmoni Nusantara pada penutupan PON XIX/2016 menurut JK adalah menyimbolkan keindahan kebersamaan kebhinekaan Indonesia. JK mengatakan bahwa keindahan dan persatuan Indonesia ada karena Indonesia memang memiliki banyak perbedaan kebudayaan.

Gubernur Jawa Barat, sekaligus Ketua Umum PB PON XIX/2016, Ahmad Heryawan (Aher) menjelaskan indicator keberhasilan PON XIX/2016 adalah sebagaimana yang telah dicanangkan dan tertuang dalam kredo catur sukses. Sementara untuk indicator pelaksanaan, Aher mengatakan bahwa semua pertandingan dapat terlaksana dengan baik dari 44 cabang yang dilombakan di 61 venue di 16 Kabupaten/Kota.

 

Namun, Aher sendiri juga mengakui bahwa dalam penyelenggaraan PON tahun ini, pihaknya tetap menemukan kendala dan kekurangan salah satunya adalah sempat terjadi ricuh sebab adanya protes yang berlebihan. Toh begitu, pertandingan tetap selesai sampai final. Aher mengatakan dalam 5.205 pertandingan yang dilaksanakan secara keseluruhan, tercatat hanya 11 pertandingan yang ricuh. Dengan kata lain, presentasi kericuhan yang terjadi hanya 0,2 persen. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional