Wartapost.com

Barang-Barang Inilah Yang Paling Banyak Dibajak, Software No 4 Terbanyak

  • Reporter:
  • Minggu, 2 Oktober 2016 | 08:22
  • / 29 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 172 kali
Barang-Barang Inilah Yang Paling Banyak Dibajak, Software No 4 Terbanyak
Ilustrasi Barang Bajakan Yang Banyak Beredar di Indonesia

Wartapost.com – Software atau perangkat lunak masih menjadi salah satu barang yang paling banyak dibajak (palsu). Perangkat ini menempati nomor empat terbanyak saat ini di Indonesia yang paling banyak dipalsukan dan beredar bebas berdasarkan data survey yang dilakukan oleh Masyarakat Indoensia Anti-Pemalsuan (MIAP).

Sekretaris Jenderal Masyrakat Indonesia Anti-Pemalsuan, Justisiari P. Kusumah mengatakan “Sebanyak 33,5 persen software yang beredar palsu,” di Harum Manis Restaurant, Jakarta, Jumat, 30 September 2016. Ia juga menjelaskan dalam tiga tahun survey yang dilakukan oleh MIAP, software bajakan bahka pernah memegang dominasi peredaran hingga mencapai angka lebih dari 80 persen.

Dari survey yang dilakukan oleh MIAP, ada tujuh barang yang paling banyak dibajak dan masih beredar banyak di masyarakat. Produk terbanyak yang dibajak adalah tinta yang mencapai 49,4 persen lalu pakaian sebesar 38,9 persen, barang berbahan kulit atau luxury product sebesar 37,2 persen, software 33,5 persen, kosmetik sebanyak 12 persen, makanan dan minuman sebanyak 8 persen, dan yang ketujuh adalah produk farmasi sebesar 3,8 persen. Pembajakan ini bahkan telah merugikan pihak industry secara materi yang mencapai nilai sebesar Rp 65,1 triliun.

 

Survei pembajakan in dilakukan MIAP pada 2014 kepada 500 responden yang berada di tiga kota besar di Indonesia. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional