Wartapost.com

Punya Utang, Rio Habiskan Libur Musim Panas Kumpulkan Uang

  • Reporter:
  • Jumat, 5 Agustus 2016 | 08:15
  • / 1 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 124 kali
Punya Utang, Rio Habiskan Libur Musim Panas Kumpulkan Uang
Pembalap Manor Racing; Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein

Wartapost.com – Perjuangan Rio Haryanto dalam Formula 1 nampaknya semakin berat. Bahkan jeda putaran pertama Formula 1 2016 tidak bisa dinikmati dengan tenang oleh pembalab besutan Manor Racing itu. Hal ini disebabkan oleh masih belum lunasnya uang yang diberikan Rio kepada Manor. 

Nampaknya harapan masyarakat Indonesia akan ikut sertanya pembalap tanah air di Formula 1 akan segera berakhir. Hal ini dikarenakan penampilan Rio yang tidak terlalu signifikan. Selain itu, ia juga belum meluniasi utang yang merupakan pembayaran syarat untuk menjadi pembalap utama tim Manor. Akibatnya, saat ini nama Rio Haryanto sedang terancam dari kokpit Manor Racing. Bahkan sudah ada nama-nama yang disiapkan untuk mengganti Rio.

Beberapa waktu lalu sempat santer terdengar kabar bahwa Rio akan terdepak dari jajaran pembalap Manor pada GP Hungaria 2016 lalu. Namun, tampaknya Manor masih berbaik hati hingga memberikan kesempatan kepada Rio untuk menyelesaikan balapan putaran pertama di GP Jerman Hockenheimring, 31 Juli lalu.

Guna memenuhi hutangya itu, mau tidak mau pada liburan musim panas ini ia harus disibukkan dengan kegiatan penggalangan dana dari para sponsor. Menurut beberapa sumber, Manor memberikan waktu hingga menjelang putara kedua F1 2016 dimulai yaitu di GP Belgia, 28 Agustus nanti.

Menegenai hal ini Rio berkata dikutip dari Autosport, “Ini akan menjadi jeda musim padas yang sibuk bagi saya. Kami harus mencari bantuan finansial dari beberapa sponsor. Manajemen saya sedang berkerja keras. Kami akan melakukan beberapa pertemuan dalam beberapa pekan depan. Kami berharap mendapat berita bagus akan hal ini.”

Syarat utama untuk menjadi pembalap Manor Racing adalah membayar uang sebesar 15 juta euro. Hingga saat ini, tim Rio baru bisa membayar 8 juta euro kepada Manor Racing. Untuk itu, dalam jangka waktu yang diberikan, Rio harus mencari dana sebesar 7 juta euro. Jika Rio tidak mampu membayarnya, maka sudah pasti ia harus meninggalkan kuris MRT05 yang sudah ia duduki sejak Maret 2016. Hal tersebut menjadi berita yang cukup menyedihkan bagi rakyat Indonesia yang sedang haus prestasi anak bangsa di ajang olahraga bergengsi itu.

Banyak usaha telah digunakan untuk membantu Rio. Mulai dari program sms donasi, penjualan merchandise sampai dengan aksi penggalangan dana. Nyatanya, hingga saat ini, Rio belum mendapatkan dana yang dibtuhkan.

“Saya kecewa karena belum ada kepastian mengenai masa depan saya. Saya percaya manajemen sedang berkerja keras untuk mengamankan kursi saya hingga akhir musim” Tegas Rio.

Melihat hal ini, Manor Racing telah dikaitakn dengan beberapa nama yang siap menggantikan posisi Rio. Mulai dari Alexandre Rossi, Jordan King, Stoffel Vandoorne, hingga juara European Formula Championship 2014, Esteban Ocon.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional