Wartapost.com

Gaslighting: Taktik Pasangan Abusive yang Melumpuhkan Mentalmu dan Bikin Kamu Benci Diri Sendiri

  • Reporter:
  • Minggu, 2 Oktober 2016 | 12:23
  • / 29 Djulhijjah 1437
  • Dibaca : 339 kali
Gaslighting: Taktik Pasangan Abusive yang Melumpuhkan Mentalmu dan Bikin Kamu Benci Diri Sendiri

photo-1432838765905-6881a8585474

Wartapost.com – Pada suatu waktu, Roni sedang mengobrol dengan pasangannya yang bernama  Rina. Roni ketika itu menceritakan kesedihannya tentang hubungan mereka yang sudah mulai merenggang. Namun, Tika mengacuhkan perasaan Roni dengan berkata, “Kamu ngada-ada aja, deh! Sensitif banget kamu!” Rina pun ngambek dan akhirnya Roni pun meminta maaf padanya karena sudah membuat Roni terganggu dengan ungkapan perasaannya.

 

Di sisi lain, ada seorang gadis bernama Vera yang sudah menikah dengan Andi, suaminya selama 3 tahun. Belakangan ini, dia tidak sengaja mendengar suaminya mengobrol dengan seorang wanita lain di telepon bernama Dini. Di rumah pun, dia juga mendengar Andi mengobrol dengan wanita tersebut secara sembunyi-sembunyi. Vera pun bertanya pada Andi untuk ingin tahu siapa Dini. Namun Andi hanya menjawab, “Mungkin kamu salah dengar, sayang.” Namun Vera bersikeras dia tidak salah dengar dan menginginkan jawaban. Tiba-tiba, Andi naik pitam lalu membentak Vera, “Kamu curigaan banget, sih! Udah kubilang tadi kamu salah dengar. Aku sama sekali nggak kenal Dini! Kamu bikin aku pusing aja!” Vera pun terhenyak dan meragukan dirinya sendiri. Dia yakin dia mendengar Andi menyebut nama Dini di telepon. Apakah Vera hanya mengkhayal saja atau tidak, ya?

 

Kedua contoh kasus di atas adalah bentuk dari gaslighting. Tika dan Andi menggunakan taktik ini untuk membingungkan dan membuat pasangan mereka meragukan perasaannya serta untuk menutupi kenyataan yang sudah

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4 5

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional