Wartapost.com

Inilah 4 Senjata Risma Kalahkan Ahok!

  • Reporter:
  • Jumat, 5 Agustus 2016 | 09:14
  • / 1 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 158 kali
Inilah 4 Senjata Risma Kalahkan Ahok!
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri); Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Wartapost.com – Tri Risamaharini, Walikota Surabaya terus mendapat dukungan untuk maju melawan Ahok di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Tak hanya di Jakarta, dukungan terhadap Risma juga diperoleh dari kota aslnya Surabaya.

Menguatnya dukungan Risma dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh Lembaga Psikologi Politik Universitas Indonesia mengenai kapabilitas beberapa nama yang akan maju ke Pilgub DKI 2017. Hasilnya, kapabilitas Risma hanya kalah sedikit dengan Ahok. Tetapi, diluar itu, banyak pula pengamat politik yang mengatakan bahwa Risma memiliki banyak keuggulan daripada Ahok.

Inilah beberapa senjata yang dimiliki Risma jika benar berani menantag Ahok di Pilgub 2017. Senjata-senjata ini diperkirakan dapat mengalahkan Ahok.

1. Efektif dan Transparan

Suko Widodo, Dosen Ilmu Politik dan ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya mengatakan, selama memimpin Surabaya, Risma telah melakukan langkah nyata dalam pemberantasan korupsi dan melakukan transparansi dalam pemerintahan. Risma berhasil menggunakan pengelolaan secara digital dalam aplikasi pembangunan, hal ini terbukti lebih efektif. Salah satu langkah nyatanya adalah pembuatan ‘single windows system’ untuk mempermudah perijinan dan menggunakan e-planning dan e-budgeting untuk efektifitasan kerja.

Pengalaman Risma dalam hal birokrasi pun sangat berguna. Risma mengawali karir dengan menjadi pegawai negeri, lalu menjadi kepala seksi hingga kepala dinas. Mantan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya tahun 2005 itu berhasil menanta Surabaya menjadi lebih baik.

2. Terjun Langsung ke Masyarakat

Satu hal yang tidak dimiliki Ahok adalah kedekatan Risma terhadap masyarakat. Risma tidak segan langsung turun dan mendengarkan keluh kesah langsung dari bawah layaknya keluarga sendiri. Risma lebih memiliki keyakinan dan bisa menyatu dengan masyarakat. Tidak seperti Ahok, Risma lebih memanusiakan kota Surabaya. Risma bahka mau menemui rakyat yang protes akibat di gusur.

3. Berbicara dari Hati ke Hati

Keunggulan Risma ini terbukti ketika adanya kebijakan pemerintah untuk penggusuran wilayah Dolly. Dengan bijaksana, Risma mampu mengajak bicara warga dari hati ke hati sehingga warga lebih bisa menerima kebijakan itu. Hal itu terlihat berlawanan ketika Ahok melakukan penggusuran wilayah Kalijodo. Walaupun dapat diakui prestasi Ahok dalam membersihkan kawasan kumuh, pungutan liar, menjalankan transparasi anggaran serta akuntabilitas pemerintahan yang baik.

4. Dukungan Partai Politik

Saat ini memang PDIP belum memutuskan akan mengusung siapa dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun, jika Risma benar-benar dicalonkan maka sudah pasti ia akan mendapat dukungan dari koalisi partai besar. Beberapa partai yang telah memberikan tanda akan berkoalisi degang partai berlambang banteng putih itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional