Wartapost.com

Dihantam Isu Lingkungan, Ekspor Produk Sawit RI ke Eropa Malah Meningkat

  • Reporter:
  • Senin, 3 Oktober 2016 | 08:05
  • / 1 Muharram 1438
  • Dibaca : 107 kali
Dihantam Isu Lingkungan, Ekspor Produk Sawit RI ke Eropa Malah Meningkat

Wartapost.com –  Walalupun terus dihantam oleh isu negatif tentang lingkungan, pada kenyataannya volume ekspor untuk produk kepala sawit seperti Crude Palm Oil (CPO) ke pasar Eropa terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

 

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, Bayu Krisnamurthi mengatakan, sampai Desember tahun ini saja ekspor produk sawit Indonesia diperkirakan 5,8-6 juta ton, atau naik dari ekspor produk tahun lalu sebesar 5,3 juta ton. Sementara untuk angka ekspor hingga Agustus 2016 saja sudah mencapai 4,35 juta ton.

 

“Situasi ini menarik, kita sampaikan bahwa di tengah isu yang menyangkut sawit di Eropa, ternyata ekspor sawit Indonesia ke Eropa terus meningkat jumlahnya,” jelas Bayu di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (3/10/2016).

 

“Ini menunjukkan betapa kuatnya produk sawit kita di Eropa, di tengah beberapa masalah yang menghadapi isu sawit kita di Eropa,” tambahnya.

 

Dia merinci, ekspor produk sawit ke Eropa pada tahun 2012 tercatat sebesar 3,6 juta ton, tahun 2013 naik menjadi 4,8 juta ton, kemudian kembali mengalami tren positif di tahun 2014 sebesar 5 juta ton.

 

Menurut Bayu, sampai Agustus 2016, ekspor produk kelapa sawit didominasi oleh Belanda sebesar 1,74 juta ton, diikuti Spanyol 859 ribu ton, Italia 657 ribu ton, Rusia 450 ribu ton, dan Ukraina 235 ribu ton.

 

“Belanda memang yang terbesar. Banyak yang memperkirakan kalau Belanda ini hanya pintu masuk saja, di Pelabuhan Rotterdam. Sebelum kemudian diekspor lagi ke negara lainnya,” ujar mantan Wakil Manteri Perdagangan ini.

 

Isu tentang lingkungan atas produk sawit Indonesia

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional