Wartapost.com

Banyak Penerbangan Langsung, Indonesia Diserbu Turis China

  • Reporter:
  • Senin, 3 Oktober 2016 | 08:31
  • / 1 Muharram 1438
  • Dibaca : 84 kali
Banyak Penerbangan Langsung, Indonesia Diserbu Turis China

Wartapost.com – BPS (Kepala Badan Pusat Statistik) Suhariyanto menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan dari mancanegara (wisman) pada periode Agustus 2016 sebanyak 1,03 juta kunjungan ke Indonesia. Kunjungan wisman tersebut didominasi oleh turis asal China.

 

Kecuk, panggilan akrab Suhariyanto menyampaikan, jumlah wisman yang berasal dari China ada sebanyak 151.054 kunjungan.

 

Berturut-turut setelahnya yaitu dari Australia (105.754 kunjungan), Singapura (100.383 kunjungan), Malaysia (99.313 kunjungan) serta Jepang (56.831 kunjungan).

 

“Memang turis dari China ini paling besar, dan sebetulnya kalau dilihat perkembangannya bukan hanya di Indonesia, tetapi di negara-negara lain,” kata Kecuk di Jakarta, Senin (3/10/2016).

 

Lebih jauh dia menjelaskan, bertumbuhnya wisman asal China ke berbagai destinasi dunia termasuk Indonesia ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi China yang masih lumayan tinggi. Selain itu ada juga kenaikan pendapatan per kapita penduduk China.

 

“Pertanyaannya turis-turis asal China ini betul-betul turis atau pekerja? Sebagian besar adalah turis. Yang nampak adalah turis,” kata Kecuk.

 

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu dirinya baru saja berkunjung ke Sulawesi Utara. Dan memang kata Kecuk, ternyata saat ini banyak sekali penerbangan langsung (direct flight) dari daerah-daerah di China ke beberapa provinsi di Indonesia.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


 

“Itu hanya sekadar contoh di Sulawesi Utara. Bisa ditelusuri lagi di berbagai provinsi. Jadi turis yang tercatat ini memang betul-betul turis, bukan pekerja (dari China),” kata Kecuk.

 

Kecuk mengatakan kunjungan wisman

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional