Wartapost.com

Jepang Peringati 71 Tahun Tragedi Bom Atom Hiroshima

  • Reporter:
  • Sabtu, 6 Agustus 2016 | 10:22
  • / 2 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 78 kali
Jepang Peringati 71 Tahun Tragedi Bom Atom Hiroshima
Jepang Peringati 71 Tahun Tragedi Bom Atom Hiroshima

Wartapost.com, Tepat pada hari ini, 6 Agustus 2016, Jepang memperingati 71 tahun tragedi bom Hirosima / Nagasaki. Kazumi Matsui selaku Wali Kota Hiroshima, mendorong dunia agar bersatu untuk menghapus senjata nuklir.

 

Peringatan kali ini digelar setelah beberapa bulan Presiden AS, Baracck Obama mencetak sejarah sebagai satu-satunya presiden AS pertama yang datang ke Hiroshima ketika masih aktif menjabat. Obama pun memberikan penghormatan bagi seluruh korban bom tersebut di Jepang.

 

Seperti yang diketahui, pada 6 Agustus 1945 tepat pukul 08.15 waktu setempat, pesawat AS B-29 bernama Enola Gay menjatuhkan ‘Little Boy’, sebutan bom atom yang mematikan, di Hiroshima diwilayahh Jepang bagian barat.

 

Tragedi itu membuat sebagian besar kota Hiroshima hancur oleh bola api raksasa dengan suhu hingga 4 ribu derajat Celcius. Tragedi tersebut membunuh setidaknya 140 ribu orang dan beberapa korban juga menyusul setelah sebelumnya mengalami luka – luka akibat radiasi.

 

 

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari laman Detik.com, ada 50 ribu orang hadir termasuk pula Perdana Menteri Shinzo Abe serta perwakilan dari 90 negara lainnya. 

 

Di sela upacara peringatan tersebut, Matsui pun mengenang momen ketika Obama memberikan pidato perdamaian di Hirsohima beberapa waktu lalu.

 

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


“Kunjungannya merupakan bukti kalau harapan Hiroshima untuk tidak mentoleransi kejahatan absolut ikut disebarkan oleh Presiden Obama,” itulah yang Matsui katakan sebagaimana yang kami kutip dari laman Detik.com, Sabtu (6/8/2016).

 

“Inilah saatnya untuk kita bisa mengambil tindakan memusnahkan kejahatan absolut yang merupakan bentuk kebengisan paling parah, dalam bentuk persatuan dan gairah besar,” tambahnya.

“Saya yakin dengan kunjungan Obama itu menjadikan harapan besar bagi warga Jepang dan juga Dunia untuk membuat dunia sejahtera tanpa nuklir,” tutupnya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional