Wartapost.com

Floridina Kuasai Pasar Jus Jeruk, Ini Rahasianya

  • Reporter:
  • Selasa, 4 Oktober 2016 | 17:26
  • / 2 Muharram 1438
  • Dibaca : 58 kali
Floridina Kuasai Pasar Jus Jeruk, Ini Rahasianya
Aristo kristandyo, Group Head Marketing Beverages PT Wings Food

Wartapost.com – Segmen minuman rasa jus jeruk memang tidak pernah sepi dipersaingkan. Diantara banyak produk yang mengusung segmen itu, yang paling sukses adalah Floridina yang dikeluarkan oleh Wings Grup. Dikenalkan pada 2011, produksi PT Wings Food terus berkembang pesat dengan target anak muda yang sedang beranjak dewasa. Akhir-akhir ini bahkan minuman ini menambah target pasarnya kepada keluarga. Keberhasilan mereka sudah mampu beberapa produk yang lebih dahulu bermain di segemen yang sama yakni Pulpy Orange yang dikeluarkan oleh Minute Maid yang diedarkan oleh grup Coca Cola.

Saat ini Floridina telah menjadi market leader segemen minuman rasa jus dengan menguasi 35 persen pasar. Sementara Minute Maid berada di urutan setelahnya. Nilai pertumbuhan Floridina saat ini mencapai rata-rata 14 persen, yang telah melebihi rata-rata pasar. Hal ini selaras dengan data yang dikeluarkan oleh Nielsen.

Grup Head Marketing Beverages, Aristo Kristanto mengatakan, “Dengan BCL (Bunga Citra Lestari) dan konsep iklan lebih premium kami mendapat ekstra costumer. Caranya dengan membuat rute komunikasinya secara berkesinambungan dalam brand story.

Aristo juga mengatakan bahwa konsekuensi tersendiri akan didapat dengan tambahan besar ukuran costumer. Untuk pasar yang besar, perkuatan distribusi sangat diperlukan agar produknya mudah ditemukan oleh konsumen.

“40 persen karakteristik konsumen yang masuk modern market membeli makanan dan minuman. Oleh sebab itu, ketersediaan produk menjadi sangat penting. Jika konsumen melihat produk Floridina maka mereka akan teringat dengan iklan dan slogan yang dibuat di TV,” ujar Aristo.

Sementara, untuk branding segmentasi pasarnya Floridina tidak bisa lepas dari konsumen usia 18-24 tahun. Golongan usia tersebut sangat suka dengan hal yang bercerita, konten dan storytelling. Sebab itu, Floridina tidak hanya diperuntukan untuk kanal tradisional namun juga modern. Salah satunya adalah dengan mengadakan kampanye Floridina Origina Games.

Menurut Aristo, upaya ini adalah untuk mendaki konsumen melalui bentuk web series. Saat ini upaya ini sudah masuk episeode ke-13. Media channel seperti inilah yang sedang dipertimbangkan.

Menurut Aristo, kunci utama dalam memperbesar merek adalah dengan jeli melihat tren. Di saat banyak produsen yang berlomba membuat konten yang menarik, gamification adalah kuncinya. Untuk terjadi konversi aktivitas hingga melakukan pembelian, konsumen harus merasa terlibat.

Beberapa gamificition yang dilakukan adalah seperti lomba menulis, dapat hadiah, foto, dapat hadiah, saat ini khusus di web series. Agar konsumen tidak hanya menjadi follower, produsen harus cepat bertindak.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Untuk membangun hubungan baik dengan komunitas, Wings Food sudah membentuk tim khusus yang solid. Keberadaan tim ini adalah untuk selalu memunculkan ide segar untuk membuat konten yang menarik.

 

“Untuk lebih engage dengan komunitas, bisa dalam bentuk program CSR, pelatihan digital, workshop, dan sebagainya,” kata Aristo.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional