Wartapost.com

Tantang Samsung dan Apple, Google Keluarkan PIXEL Ponsel Pintar Perdananya

  • Reporter:
  • Rabu, 5 Oktober 2016 | 09:21
  • / 3 Muharram 1438
  • Dibaca : 156 kali
Tantang Samsung dan Apple, Google Keluarkan PIXEL Ponsel Pintar Perdananya
SVP Hardware Google Rick Osterloh, memperkenalkan ponsel pintar Google Pixel di San Francisco, California, AS, pada 4 Oktober 2016.

WARTAPOST.com – Tidak mau ketinggalan dengan kesuksesan produsen-produsen ponsel pintar seperti Samsung dan Apple, Google juga turut serta dalam persaingan bisnis ponsel pintar global melalui perangkat terbarunya diberi nama Pixel. Kehadiran Pixel secara khusus memang untuk jadi penantang ponsel kelas premium seperti Samsung Galaxy S7 dan Apple iPhone 7.

Kehadiran Pixel oleh Google memang untuk menggantikan seri sebelumnya yaitu Nexus. Ada perbedaan antara Pixel dan Nexus. Jika Nexus merupakan produk desain-an Google namun digarap oleh pihak piranti keras lain, Pixel merupakan produk utuh dan mengusung nama dari Google.

Pixel diusung dengan dua ukuran layar, yaitu 5 inci dan 5,5 inci. Untuk body, Google melapisinya dengan material alumunium disertai dengan pemindai sidik jari di punggung ponsel layaknya ponsel premium saat ini. Sementara untuk tidak membingungkan konsumen, Google tidak memberikan penomoran dalam hal nama. Jadi cukup Pixel saja.

Dua ponsel dari Pixel ini memiliki dapur pacu yang sama. Untuk processor, keduanya ditanami Qualcomm Snapdragon 821 dengan system operasi adroid terbaru yakni Android 7.0 (Nougat). Seperti halnya Nexus, Google juga menjanjikan pembaharuan langsung system Android pada ponsel terbarunya ini.

Selain itu, andalan utama Google pada ponsel ini adalah kameranya. Pixel menjanjikan hasil foto terbaik untuk kelas ponsel pintar dengan resolusi kamera 12 megapixel. Untuk lensa Google menggunakan diafragma f/2.0. Kualitas kamera Pixel sudah terbukti mendapat nilai 89 dari DxOMark.

Tidak hanya foto, Pixel juga unggul dalam hal video. Seperti yang dikatakan Brian Rakowski, Wakil Presiden Manajemen Produk Google, ”Ponsel ini dirancang agar bagian dalam dan luarnya menjadi sederhana dan pintar.”

Untuk kendala penyimpanan bagi penyuka foto, Google sudah menyediakan ruang penyimpanan di awan tanpa batas yang disebut dengan Google Cloud.

Terkait hal ini, Rakowski sempat menyindir produk pesaingnya yakin Apple iPhone yang sering menunjukan keterangan “Storage Full” yang sering membuat penggunanya frustasi sebab tidak cukup ruang kosong.

Pixel menurut Google merupakan ponsel pertama yang didampingi oleh asisten virtual yaitu Google Assistant yang berguna untuk memberikan informasi terkait cuaca, lokasi, memesan restoran, hingga mencari konten di internet.

Untuk memaksimalkan kerja asisten virtual ini, Rakowski menjelaskan bahwa pihaknya juga telah bekerja sama dengan WhatsApp, Viber dan aplikasi pesan lain. Hal ini akan membuat pengguna lebih mudah untuk mengirim dan menerima pesan.

Untuk mengisi daya baterai dan transfer data, Pixel ditanami model colokan terbaru yaitu USB Type-C. Google juga mengklaim teknologi pada baterai Pixel mammpu mengisi daya lebih cepat.

Mulai hari ini Pixel dapat dipesan dengan harga mulai dari US$ 649 atau sekitar 8,5 juta, untuk wilayah Ammerika Serikat, Autralia, Kanada dan Inggris. Untu warna, Google menyediakan tiga jenis yaitu hitam, silver dan biru.

 

Di Ammerika Serikat, Autralia, Kanada dan Inggris, ponsel ini sudah bisa mulai dipesan hari ini. Sementara untuk negara lain belum diketahui ketersedian dan harganya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional