Wartapost.com

Ahok: Cukup Rp15 M Untuk Dana Kampanye

  • Reporter:
  • Jumat, 7 Oktober 2016 | 10:49
  • / 5 Muharram 1438
  • Dibaca : 74 kali
Ahok: Cukup Rp15 M Untuk Dana Kampanye
Jauh Dari Pasangan Bakal Calon Lain, Ahok Hanya Menargetkan Dana Kampanye Sebesar Rp15 Miliar

WARTAPOST.com – Bakal calon gubernur incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) klaim hanya butuh dana Rp 15 miliar untuk kampanye dalam Pilkada DKI 2017 nanti. Ahok juga mengatakan bahwa tidak ada pengembalian dana ketika ia sudah terpilih menjadi gubernur kembali.

“Untuk pelatihan sama saksi, saya kira cukup Rp 10 miliar hingga Rp 15 miliar. Enggak ada balik modal lah,” ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta (6/10).

Sementara untuk asal uang itu Ahok mengatakan tidak dari kantongnya sendiri. Uang itu akan di bebankan kepada partai yang mengusungnya untuk mebiayai saksi.

“Saya sampaikan pada partai politik kalau ada empat partai mau keluarkan saksi, ya pakai uang sendiri dong,” ucap Ahok.

Dalam menggalang dana untuk kampanye, Ahok tidak hanya mengandalkan partai politik pengusungnya, ia juga menerima berbagai dana sumbangan dari berbagai kegiatan yang telah diorganisir olah tim pemenangan, Teman Ahok. Untuk itu, Ahok telah menetapkan dana untuk bertemu secara eksklusif dengannya yaitu sebesar Rp10 ribu hingga Rp10 juta.

Bahkan Ahok telah merencanakan untuk membawakan stand up comedy dan menjadi pembicara di berbagai kegiatan. Untuk hal itu, ia mematok harga mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Jika dibandingkan dengan pasangan lain, biaya kampanye Ahok itu bisa dibilang sangat kecil. Pasangan bakal calon Anies Baswedan- Sandiaga Uno bahkan diprediksi bakal menghabiskan dana kampanye tidak kurang dari Rp200 miliar. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra DKI, M. Taufik beberapa waktu lalu.

Taufik mengatakan,”Yang jelas tidak sedikit, saya kira dana kampanye yang akan dihabiskan tidak akan kurang dari itu (Rp200 miliar).”

Taufik mengatakan untuk pengeluaran dana terbesar adalah yaitu untuk pembelanjaan atribut kampanye. Untuk baju kampaye dianggarkan Rp100 ribu per baju, belum poster dan sebagainya.

Selain itu, pengeluaran besar juga aka digunakan untuk mebayar saksi. Saksi akan disebar di sekitar 500 TPS (tempat pemungutan suara), setiap saksi minimal akan diberi uang sebesar Rp100 per orang.

Pengesahan APBD Jakarta

Ahok yang saat ini masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta mengaku bahwa diriny tidak setuju jika nantinya pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 disahkan oleh pelaksana tugas (Plt) gubernur DKI saat ia sedang menjalani masa cuti kampanye.

Menurut Ahok, pengesahan APBD seharus menunggu gubernur selesai masa cuti dan wewenang itu tidak bisa diwakilkan atau didelegasikan.

“Ini benar kayak frustasi saja pemerintah gitu loh, mereka (pemerintah) enggak ketemu cara peyalahgunaan wewenang yang mereka duga,” kata Ahok.

Jika mereka khawatir tentang penyalahgunaan wewenang menurut Ahok, seharusnya pemerintah lebih memperkuat fungsi Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu).

Tidak hanya itu, Ahok juga tidak percaya sepenuhnya kepada Plt (pelaksana tugas) gubernur yang ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri. Ahok menganggap Plt yang ditunjuk berpotensi memiliki konflik kepentingan.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


“Bahaya dong, kalau calon yang lain Mendagri dari partai, kamu jamin enggak, enggak ada conflict of interest,” tegas Ahok.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya telah menunjuk Plt untuk menggantikan gubernur petahana yang salah satu tugasnya adalah mengesahkan Rancangan Undang-Undang APBD 2017. Selain itu, mereka juga berkewajiban untuk mengawal jalannya Pilkada di wilayah masing-masing.

“Ply juga bertugas menata organisasi peragkat daerah dan susunan organisasi tata kerja (SOTK) sesuai PP 18 tahun 2016, pengisian personel sesuia SOTK, dan melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari,” Ujar Kemendagri.

 

Sementara untuk tugas dan kewenangan Plt telah diatur oleh Peraturan Mendagri Nomor 74 tahun 2016 tentang Pengaturan Tugas Plt. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional