Wartapost.com

Lama Menguap Tunjukan Ukuran Otak

  • Reporter:
  • Sabtu, 8 Oktober 2016 | 11:28
  • / 6 Muharram 1438
  • Dibaca : 221 kali
Lama Menguap Tunjukan Ukuran Otak
Ssaat menyaksikan parade Trooping the Colour, dalam perayaan ultah Ratu Elizabeth II, Kate Middleton terlihat menguap di Istana Buckingham, London, 14 Juni 2014.

WARTAPOST.com – Siapa pun pasti pernah menguap, baik di kantor saat rapat ataupun di kampus waktu kuliah. Berdasarkan satu penelitian, menguap merupakan kebutuhan biologis untuk membantu otak tetap dalam suhu yang dingin. Penelitian lain meneybutkan hasil yang tida jauh berbeda, yaitu bahwa menguap memiliki fungsi untuk memasok oksigen yang cukup ke otak.

Sementara jurnal Biology Letters memuat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa lama menguap tergantung pada ukuran besar kecil otak makhluk hidup.

Hasil tersebut didapat dari penelitian terhadap 29 jenis mamalia termasuk manusia, tikus, kucing, serigala, landak, anjing laut dan gajah. Dari itu, para peneliti menemukan sebuah pola dimana mamalia dengan otak kecil memiliki lebih sedikit neuron. Hal tersebut membuat korteks atau lapisan luar lebih sedikit.

Seorang peneliti yang terlibat mengatakan, “Mamalia berotak kecil, menguap lebih pendek dari pada yang berotak besar.”

Primata cenderung lebih lama menguap dibandingkan dengan non-primata. Sekitar 12 triliun neuron kortikal dimiliki manusia membuatnya memiliki durasi menguap paling lama. Tercatat, paling cepat manusia menguap selama 6 detik. Di sisi lain, tikus memiliki waktu paling cepat menguap yaitu selama 1,5 detik.

 

Penelitian sebelumnya meyebutkan bahwa menguap berdampak pada sisi psikologis, sehingga hadirnya penelitian baru ini melengkapi penelitian sebelumnya. Selain menurunkan suhu, menguap juga berpengaruh untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional