Wartapost.com

Pria ini Raup Rp 15 Juta/Bulan Dengan Mengubah Timah Bekas Jadi Umpan Pancing

  • Reporter:
  • Minggu, 9 Oktober 2016 | 11:57
  • / 7 Muharram 1438
  • Dibaca : 151 kali
Pria ini Raup Rp 15 Juta/Bulan Dengan Mengubah Timah Bekas Jadi Umpan Pancing
Metal Jig (Umpan Pancing) Buatan Yono, Berbentuk Ikan dan Cumi-Cumi

WARTAPOST.com – Kariyono alias Yono Bethuk (39) warga Gang Lombok, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi berhasil memanfaatkan limbah timah bekas dari pedagang besi tua di Banyuwangi menjadi metal jig (umpan pancing) warna-warni yang diburu oleh banyak pemancing. Ia berhasil kumpulkan omzet sebesar Rp15 juta/bulan dari pelanggannya yang berasal dari Bali, Lombok, Surabaya dan Jakarta.

Jika diilhat sekilas, produk buatan Yono memang mirip dengan mainan anak yang warna-warni. Namun jika dilihat lebih teliti, barang-barang itu merupakan metal jig (umpan pancing) yang terbuat dari timah bekas.

Yono mengatakan bahwa idenya untuk membuat umpan pancing menggunakan timah bekas muncul saat ia masih bekerja di bengkel di Banyuwangi. Saat itu ia mencoba membuat metal jig dari timah bekas yang tidak terpakai di usaha milik bosnya itu.

“Keterampilan untuk membuat metal jig ini saya kuasai secara otodidak. Mulanya sekitar dua tahun lalu, setelah pulang dari bengkel mobil saya mencoba-coba membuat barang ini  sendiri. Ternyata setelah coba menjualnya, prospek bisnis ini cukup menjanjikan. Sebab itu, sekitar 1,5 tahun lalu, saya fokus untuk menggeluti bisnis ini,” ucap Kariyono.

Yono juga menjelaskan bahwa dirinya mempoduksi dua buah bentuk metal jig, yaitu bentuk ikan dan cumi. Untuk ukuran paling kecil yaitu seberat 40 gram dan untuk ukuran terbesar yaitu seberat 600 gram atau 6 ons.

Menurutnya, ia mampu memproduksi sebanyak 500 unit metal jig  dari berbagai ukuran dalam sebulan. Dahulunya ia mengambil timah bekas seadanya dari bengkel, namun karena membutuhkan banyak ia membeli timah dari pedagang besi tua di Banyuwangi.

Pria ini Raup Rp 15 Juta/Bulan Dengan Mengubah Timah Bekas Jadi Umpan Pancing

Yono Tampak Merapihkan Metal Jig Buatannya

Untuk memproduksi 500 unit metal jig, Yono membutuhkan sekitar 100 kg bahan baku seharga Rp2,2 juta. Tidak hanya timah bekas, untuk membuat metal jig ia juga menggunakan bahan lain seperti cat mobil, stiker hingga bubuk fosfor. Dengan bubuk fosfor itu, Yono membuat umpan pancing miliknya mampu memancarkan cahaya di dalam air. Inilah keunggulan metal jig  buatan Yono.

“Jika ditotal, untuk menghasil sebanyak 500 unit metal jig saya menghabiskan uang sebesar Rp4,5 juta. Itu sudah termasuk denga onkos pengerjaannya,” ucapnya.

Setelah jadi, harga yang ditawarkan Yono pun bervariasi berdasarkan ukuran dan kerumitan barang. Beberapa metal jig dijual dengan harga Rp 25-80 ribu per unitnya.

“Jadi, rata-rata setiap bulan bisnis ini mampu mengumpulkan omzet sekitar Rp 15 juta,” tambah Yono.

Yono telah mampu memasarkan metal jig buatannya hingga ke seluruh daerah di Indonesia. Saat ini, tidak hanya di Surabaya dan Bali, Yono telah menyasar pasar di media sosial melalui Facebook dan Instagram untuk mejual produk yang ia beri brand “Necker Jig”. Dirinya bahkan mengaku telah menolak permintaan dari pasar luar negeri, yaitu dari Australia dan Selandia Baru sebab tidak mampu memenuhi target setiap bulannya.

 “Dari Australia, pesan seribu lebih. Saya kurang bahan baku dan tenaga. Saat ini saya masih hanya melayani pasar dalam negeri. Beberapa wilayah yang seing pesan adalah Lombok, Kalimantan, Sulawesi,” tutupnya. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional