Wartapost.com

Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Jadi Korban Serangan Siber

  • Reporter:
  • Senin, 10 Oktober 2016 | 08:15
  • / 8 Muharram 1438
  • Dibaca : 80 kali
Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Jadi Korban Serangan Siber
Ilustrasi Penjahat Siber

WARTAPOST.com – Sebagian orang mungkin baru berfikir bagaimana mengatasi serangan siber setelah dirinya menjadi korban. Padahal ancaman kejahatan siber berada didepan mata semua orang.

Setelah menjadi korban, pengguna akan mulai menyadari pentingnya memiliki software keamanan yang mumpuni atau memasang solusi kemanan yang efektif pada perangkat yang secara khusus sering digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran online atau jejaring sosial yang memberikan informasi data pribadi.

Kaspersky salah satu produsen keamanan siber memberikan beberapa kiat untuk pengguna internet agar tidak terjebak dengan kejahatan-kejahatan siber.

1. Sebaiknya gunakan password yang lebih kompleks dan berbeda untuk akun atau layanan yang berbeda.

2. Tidak sembarangan meng-klik link yang mencurugakan. Jika menemukan link untuk men-download atau membuka lampiran dari sumber yang tidak terpercaya lebih baik dihindari.

3. Situs phishing biasanya didesain mirip dengan situs aslinya. Oleh sebab itu, selalu periksa URL halaman web sebelum masuk laman yang membutuhkan data informasi pribadi atau data rahasia milik pengguna.

4. Saat ingin memasukkan data yang bersifat pribadi atau rahasia maka pastikan telah meggunakan koneksi https yang telah dilengkapi dengan sertifikat SSL valid (protocol standar https yang mendukung enkripsi- Hypertxt Transfer Protocol Scure) sehingga lebih aman.

5. Untuk menjamin kinerja PC yang lebih stabil, aman dan lebih terjaga datanya maka gunakanlah perangkat lunak legal dan ter-update secara berkala.

Sementara bagi perusahaan yang datanya sangat penting dan harus terjaga dengan baik, dianjurkan untuk melakukan hal-hal ini demi kemanan yang lebih terjamin.

1. Menggunakan perlindungan lapisan ekstra proaktif atau Endpoint multi-layer.

2. Memberikan pengetahuan terkait kemanan siber kepada seluruh staff.

3. Meng-install patch untuk pencegahan, sering mengotomatisasi proses dan memasang patch.

4. Semua elemen harus diberikan perlindungan.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


5. Utamakan pada perangkat bergerak.

6. Memberikan eksripsi saat komunikasi dan pada data yang sensitive.

 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional