Wartapost.com

Butuh Hiburan, Rutan Pondok Bambu Datangkan PM Toh

  • Reporter:
  • Senin, 10 Oktober 2016 | 08:51
  • / 8 Muharram 1438
  • Dibaca : 99 kali
Butuh Hiburan, Rutan Pondok Bambu Datangkan PM Toh
Seniman Dongeng, Agus Nur Alam atau PM Toh

WARTAPOST.com – Warga penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur kedatangan salah satu seniman pertunjukan, Agus Nur Alam atau yang lebih dikenal dengan PM Toh. Kedatangan PM Toh di Rutan Pondok Bambu adalah untuk menghibur para tahanan dalam acara Layanan Kunjungan Keluarga untuk Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), dalam rangka peringatan Hari Dharma Karyadika 2016.

Dilaksanakan di semua lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, da lembaga binaan khusus anak, acara ini bertema “Sehari Bersama Mereka”. Dengan tema inilah, PM Toh bercerita tentang seorang anak bersama temannya yang ditinggal pergi ibunya. Suatu hari kedua anak itu bertemu kembali dan bahagia.

Seperti bisanya, dengan gaya mendongeng yang kocak dan khas PM Toh menceritakan kisa itu. Untuk memperagakan ceritanya, seniman ini menggunakan barang-barang sederhana semisal caping, mainan anak-anak, bahkan plastic kresek.

Di depan ratusan tahanan yang dikunjungi keluarganya, PM Toh bercerita. Mendengar cerita PM Toh yang kocak, anak-anak pun turut bersuka ria. Tidak Cuma PM Toh yang didatangkan untuk memberikan hiburan, ada pula dua komikus bernama Tetangga Gesang. Dengan iringan permainan ukulele, keduanya bernyanyi dan radio Keong yang dikerjakan oleh Venti Wijayanti serta dua tahanan rutan lain.

Ika Yusanti, Kepala Rutan Pondok Bambu mengatakan bahwa acara semacam ini adalah yang pertama kali diselenggarakan di rutan. Sambutan gembira pun diberikan para penghuni rutan dengan adanya acara ini. “Acara ini tentu saja menghibur mereka, memberikan kebahagiaan saat berkumpul dengan keluarganya. Dan acara seninya pun bisa menginspirasi kami,” ucapnya.

Terlihat para penghuni rutan dikumpulkan di lapangan yang dipasangi tenda besar dan  aula. Dihadiri keluarga-keluarganya terlihat para penghuni rutan sedang bercengkrama dan berbincang. Diatara para penghuni rutan, nampak juga dua tahanan yang sempat membuat heboh masyarakat, yaitu Angelina Sondakh yang terjerat kasus suap partai democrat dan Jessica Kumala Wongso, tersangka kasus kopi bersianida.

Di bawah program dari Dewan Kesenian Jakarta yang bekerjasama dengan Rutan Pondok Bambu, saat ini ada lebih dari 20 tahanan di Rutan Pondok Bambu sedang menjalani proses kolaborasi dengan tujuh seniman perempuan dari Yogyakarta, Jakarta dan Bandung. Salah satu program yang sedang digarap adalah Radio Keong.

 

Tidak hanya radio, beberapa karya seni yang sedang digarap adalah cetak cap kaki, mural, musik dan Teater. Menurut rencana, pada Selasa dan Rabu pekan depan, para seniman dan tahanan yang berkolaborasi akan menuangkan karyanya dalam mediaya masing-masing. Sementara pamera telah direncanakan akan dilaksanakan November mendatang di Galeri Cipta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional