Wartapost.com

Musim Hujan, Harga Cabai Melonjak Rp 60 Ribu/Kg

  • Reporter:
  • Senin, 10 Oktober 2016 | 10:19
  • / 8 Muharram 1438
  • Dibaca : 88 kali
Musim Hujan, Harga Cabai Melonjak Rp 60 Ribu/Kg
Harga Cabai di Pasar Tradisional Jakarta Saat ini Mencapai Rp 60 Ribu/Kilogram

WARTAPOST.com – Akibat hujan, harga cabai kriting merah di pasar tradisional Jakarta melonjak derastis. Hal itu membuat pasokan cabai berkurang di pasar. Misalnya di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Pada pekan lalu, harga cabai merah kriting hanya mencapai kisaran Rp 35 hingga 40 ribu per kilogram, saat ini sudah naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Zaenab, salah satu pedagang sayur di Mampang Prapatan mengatakan, Senin (10/10) “Empat hari ini naik terus.” Menurutnya, faktor utama naiknya harga cabai adalah sudah masuknya musim hujan. Ia menjelaskan jika sudah musim hujan, pasokan barang berkurang dan lebih cepat busuk.

Zaenab sendiri mengaku memperoleh barang dari Pasar Induk Kramat Jati. Begitu pun juga disana, dikatannya saat ini harga cabai merah kriting di pasar itu sudah mencapai Rp 50-55 ribu per kilogram. Sementara jenis lain, yaitu cabai rawit hanya naik tipis yang sebelumny dijual Rp 30 per kilogram naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Zaenab juga mengatakan bahwa kenaikan tidak hanya dialami oleh cabai merah kriting, beberapa sayuran lain seperti daun bawang, sawi dan kol juga mengalami kenaikan harga.

Tidak hanya terajadi di Jakarta. Kenaikan harga cabai merah kriting menurut pantauan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri juga terjadi dalam skala nasional. Disebutkan bahwa saat ini harga rata-rata cabai merah kriting nasional Rp 52 ribu per kilogram. Angka itu menunjukkan adanya kenaikan harga sebesar Rp 2.000 pada setiap harinya.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Di lain sisi, Enggatiasto Lukita, Menteri Perdagangan mengatakan tidak khawatir dengan kenaikan harga cabai  yang mendadak ini. Ia menganggap hal semacam ini adalah hal yang biasa saat musim hujan tiba. “Kenaikan harga cabai kontribusinya tidak besar terhadap inflasi,” katanya saat ditemui di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional