Wartapost.com

Film ‘3 Srikandi’ Diharapkan Jadi Motivasi Atlet dan Pemuda Indonesia

  • Reporter:
  • Sabtu, 6 Agustus 2016 | 13:54
  • / 2 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 379 kali
Film ‘3 Srikandi’ Diharapkan Jadi Motivasi Atlet dan Pemuda Indonesia
3 Srikandi bersama pelatih

Wartapost.com – Bersamaan dengan upacara pembukaan Olimpiade Rio Brasil 2016, di tanah air dilaksanakan pemutaran perdana film ‘3 Srikandi’. Film ini merupakan film biografi perjalanan tiga atlet wanita Panahan Indonesia yang berhasil meraih medali di ajang Olimpiade. Disutradarai oleh Iman Brontoseno, ‘3 Srikandi’ dibintangi beberapa bintang film papan atas Indonesia. Mereka adalah Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari yang memerankan ketiga atlet itu.  

Film ini bersetting pada tahun 1988. Saat itu, Indonesia sedang mempersiapkan keikutsertaannya dalam Olimpiade Musim Panas ke 24 di Seoul. Diantara beberapa cabang olahraga, Panahan yang paling mengalami krisis. Tidak ada pelatih yang mampu menangani tim panahan wanita dalam waktu singkat. Hanya satu orang yang dianggap mampu melakukannya, ia adalah Donald Pandinagan (Reza Rahardian) atau yang dikenal sebagai ‘Robin Hood Indonesia’.

Kehadiran film ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para atlet Indonesia agar tetap berprestasi. Salah satu cara untuk mencintai Indonesia adalah dengan berprestasi di bidang olahraga. Begitulah harapan Reza Rahardian akan film ini. Reza menganggap film ini akan lebih mudah diterima oleh anak muda karena penyampainanya yang cukup ringan.

Saat ditannya wartawan pada saat acara nonton bareng film ini di CGV Blitz Surabaya, Sabtu (6/8). ”Film ini tidak memiliki cerita tentang  ceramah nasionalisme yang sangat berkobar-kobar. Film ini tidak memiliki pesan yang berat. Dengan penyampaian yang ringan, film ini memiliki nasionalisme. Dengan begitu, film ini mudah diterima oleh anak muda.”

Dari film ini, Reza mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang instan dan tidak ada hal yang tidak mungkin. Segala sesuatu adalah proses. Proses lah yang menjadi kunci yang menentukan keberhasilan sesuatu.

“Kita bisa mencapai titik yang kita mau, tetapi harus bekerja keras. Yang penting adalah prosesnya.”

‘3 Srikandi’ memang sengaja diputar berbarengan dengan momen Olimpiade Rio de Janeiro dan HUT RI. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat mengingat warisan semangat 3 Srikandi kala itu.

Sutradara Iman Brotoseno mengatakan, “ Ini adalah legacy karena berdasar pada kisah nyata. Biopic ini juga merupakan sebuah penghormatan. Oleh sebab itu, kami memang sengaja tidak menargetkan jumlah penonton, jika terdapat banyak penonton ya kami bersukur.”

Film ini memang dibuat dengan ringan dan bedasarkan cerita nyatanya. Hal ini yang membuat film ini akan lebih mudah diterima penonton. Menurut Iman, film ini tetap tidak bisa melepaskan unsur fiksinya. Ia mengatakan terdapat sekitar 30% cerita yang sengaja dibuat untuk mendramisir cerita ini.

Seperti cerita apa adanya, sutradara menceritakan tiga atlet panahan perempuan bernama Nurfitriana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani bersamaan dengan problematika masa muda mereka. Layaknya pemuda lainnya, ketiganya juga mengalami pergolakan emosi dalam konflik cinta dan konflik dengan orang tua.

 

Gus Ipul, sapaan Wakil Gubernur Jawa Timur yang turut serta menyaksikan film ini mengatakan bahwa film ini dapat menjadi inspirasi bangsa Indonesia dan sangat layak untuk ditonton. Lebih khusus lagi, Gus Ipul menyarankan kepada rakyat Jawa Timur. Hal tersebut sangat lah pantas dikatakan Gus Ipul mengingat salah satu dari 3 Srikandi berasal dari Jawa Timur, Lilies Handayani yang merebut medali perak di Olimpiade Seoul 1988. Menurutnya juga, terdapat sekitar 30 persen atlet nasional berasal dari Jawa Timur sehingga menjadi motivasi bagi atlet-atlet muda.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional