Wartapost.com

Cina Uji Konektivitas 5G di 100 Kota, 20 Kali Lebih Cepat dari 4G

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Oktober 2016 | 04:26
  • / 11 Muharram 1438
  • Dibaca : 128 kali
Cina Uji Konektivitas 5G di 100 Kota, 20 Kali Lebih Cepat dari 4G

Setelah berkembang jaringan 3G berkembang lagi ke jaringan 4G, tapi tidak berhenti disitu saja bahwa Negara China baru-baru ini salah satu operator seluler terbesar di China, China Mobile, telah memulai uji coba konektivitas 5G di lebih dari 100 kota. Teknologi jariangan generasi kelima (5G) ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses internet 20 kali lebih cepat dibanding kecepatan 4G.

Perangkat pemancar 5G yang digunakan China Mobile menggunakan antena besar yang diklaim bisa menjangkau lebih banya pengguna dan bisa meladeni permintaan data lebih besar.

Jaringan 5G ini diklaim bisa menyediakan kecepatan hingga 20 gigabits per detik (Gbps), 20 kali lebih cepat dari teknologi 4G yang saat ini bisa menyediakan kecepatan hingga 1 Gbps.

Latensi – waktu yang diperlukan agar permintaan data diterima dan dibalas ketika kita mengklik sebuah aplikasi – pada jaringan 5G juga maksimal hanya 1 milidetik, bandingkan dengan 10 milidetik pada jaringan 4G.

Cina berambisi menggelar uji coba selama dua tahun ke depan. Harapannya setelah uji coba rampung, China Mobile bisa menjual layanan internet 5G di seluruh Cina pada 2020.

Target Cina ini sejalan dengan harapan Serikat Telekomunikasi Internasional (ITU), sebuah lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membidangi masalah komunikasi dunia, yang menargetkan penggunaan teknologi 5G pada 2020. Pada tahun yang ITU berencana merampungkan sebuah standar resmi teknologi 5G.

sumber: Suara.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional